Masyarakat Desa Sri Bandung Nikmati Hasil Riset Dosen UMPalembang

Oleh Klikampera pada Kamis, 9 Agustus 2018 16:12 WIB
Serah Terima Alat Press Kerupuk Singkong untuk Kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Desa Sri Bandung Kabupaten Ogan Ilir

Ogan Ilir, klikampera.com – Perguruan tinggi (PT) memiliki peranan penting dalam memajukan dan meningkatkan kualitas hidup sebuah bangsa. Peranan PT dapat dirasakan melalui penerapan Tri Dharma PT, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Ilmu pengetahuan yang dikembangkan sebagai hasil pendidikan dan penelitian harus dapat diterapkan melalui pengabdian kepada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat dapat merasakan dan menikmati manfaat dari hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen.

Atas dasar hal tersebut, Team Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) melakukan pengembangan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui Program Pengabdian pada Masyarakat.

Salah satunya dengan melaksanakan Serah Terima Alat Press Kerupuk Singkong untuk Kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Desa Sri Bandung Kabupaten Ogan Ilir, Kamis (9/8/2018). Hal ini juga menjadi bagian dari Realisasi Hibah dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) RI yang didapatkan oleh dosen Universitas Muhammadiyah Palembang.

Pengembangan alat Press Kerupuk Singkong untuk Kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Desa Sri Bandung ini diketuai oleh Ir. Revisdah, M.T., dengan anggota Ir. Muhardanus, M.T., dan Ir. Robiah, M.T.

Turut hadir dalam penyerahan alat tersebut, Ketua LPPM UMPalembang Dr. Ir. H. Mustofa Marli Batubara, M.P., Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PWM Sumsel Ir. Dasir, M.Si., Dr. H. Mawangir, M.Ag.,  dan Erliza Yuniarti, S.T., M.T., dan Kepala Desa Sri Bandung Asmuni, S.Pd.

Ir. Revisdah, M.T., mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini yakni membantu masyarakat Desa Sri Bandung dalam meningkatkan hasil produksi Kerupuk Singkong. Diharapkan alat-alat yang diserahkan ini selalu dijaga dan dimanfaatkan untuk kepentingan peningkatan ekonomi alternatif bagi masyarakat Desa Sri Bandung.

“Pasca serah terima alat tersebut, MPM PWM Sumsel yang akan melakukan pembinaan, mulai dari pengurusan izin usaha rumah tangga, pembekalan mekanisme pemasaran, dan strategi pengemasan” ujar Ir. Revisdah, M.T.

Sementara itu, Kepala Desa Sri Bandung Asmuni, S.Pd., mengucapkan bahwa masyarakat desa Sri Bandung menghaturkan ucapan terima kasih kepada tim pengabdian Universitas Muhammadiyah Palembang atas kepercayaanya dalam mengelola alat-alat ini.

“Bantuan ini menjadi motivasi bagi masyarakat desa Sribandung untuk meningkatkan semangat usaha ekonomi masyarakat, dan kami juga berharap kerjasama ini dapat berlanjut dibidang yang lainya” ungkap Asmuni, S.Pd.

Lebih lanjut Dr. Ir. H. Mustofa Marli Batubara, M.P., menjelaskan bahwa alat ini merupakan pemberian dosen Universitas Muhammadiyah Palembang, karena memenangkan hibah penelitian dari Kemenristek Dikti.

“Diharapkan dengan alat ini dapat menilai tambah perekonomian masyarakat desa Sri Bandung, dan dapat dikembangkan ke potensi lain menggunakan alat ini dengan kreativitas masyarakat” tambah Dr. Ir. H. Mustofa Marli Batubara, M.P.

Dr. Ir. H. Mustofa Marli Batubara, M.P., juga menegaskan bahwa Universitas Muhammadiyah Palembang akan selalu berada di tengah masyarakat dalam rangka mendukung dan mendorong peningkatan perekonomian.

 

Editor: Rianza

Pos terkait