Menari Bisa Membuat Ibu Hamil Semakin Sehat

oleh -45 views

klikampera.com – Selama masa kehamilan, selain mencukupi kebutuhan gizi, para ibu juga dianjurkan untuk berolahraga. Alasan utamanya tentu agar badan tetap bugar. Selain itu, penelitian oleh Sarah G. Sanders (2008), menyatakan olahraga bisa memperbaiki suasana hati dan bagus buat kesehatan mental.

Bayi-bayi yang dilahirkan oleh ibu yang rajin berolahraga juga diyakini punya kemampuan neurologis lebih baik. Bagi orang yang sudah terbiasa berolahraga, menurunkan frekuensi olahraga selama hamil malah bisa menimbulkan efek buruk: energi berkurang dan cenderung depresi.

Jika Anda menganggap olahraga sebagai aktivitas membosankan dan sulit dilakukan ketika hamil, menari adalah salah satu hal yang patut dicoba.

Menari sebelum bersalin, seperti yang dianjurkan dokter da Cunha kepada pasiennya, memang memiliki beragam manfaat. Di antaranya adalah membuat tubuh lebih berstamina dan menghilangkan rasa tak nyaman seperti pegal-pegal saat hamil. Rutinitas ini juga bisa meminimalkan tindakan medis selama persalinan dan mempersingkat periode pemulihan pasca-persalinan.

Gerakan menari membantu mempersiapkan persalinan karena melatih kekuatan perut, punggung atas, dan kekuatan kaki. Ann Cowlin, penggagas sekaligus pemilik Dancing Thru Pregnancy (DTP), mengamini hal ini. Ia menyatakan, konsistensi menari meminimalkan risiko diabetes gestasional dan komplikasi kehamilan lainnya.

“Tarian aerobik sangat penting, karena bisa mengurangi risiko gangguan hipertensi (misalnya preeklamsia) dan [bayi] prematur,” katanya.

Menari merupakan salah satu cara aman dan menyenangkan untuk olahraga selama hamil. Aktivitas ini membantu para calon ibu untuk tetap bisa bergerak secara fleksibel. Menari juga membantu membuat otot, jantung, dan paru-paru lebih kuat. Untuk menjaga intensitas berolahraga, cobalah menari minimal 30 menit sebanyak tiga atau empat kali dalam seminggu. Atau, supaya tidak bosan, gabungkan dengan jenis olahraga ringan lainnya, seperti renang atau yoga hamil.

Manfaat menari saat hamil tak hanya didapat oleh ibu, tapi juga anak yang dilahirkan. Bellieni C.V di tahun 2004 meneliti 44 wanita yang menari selama kehamilan. Hasilnya menunjukkan anak-anak yang mereka lahirkan cenderung harus ditimang sebelum tidur. Di sisi lain, penelitian itu menunjukkan anak-anak ini jadi memiliki ketertarikan lebih untuk memainkan alat musik ketimbang anak lain. (RZP)