Menkes RI Nila Moeloek Resmikan RSUD Provinsi Sumsel

Oleh Klikampera pada Sabtu, 23 Juni 2018 18:09 WIB

Sumatera Selatan, klikampera.com – Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin bersama dengan Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (23/6/2018).

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin masyarakat yang biasa berobat ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia tak perlu jauh-jauh lagi untuk berobat. Masyarakat bisa memanfaatkan RSUD Sumsel yang berlokasi di Jalan Kolonel H. Burlian ini.

“Justru Malaysia dan Singapura yang harus kesini karena sama bagusnya, sama canggihnya, dokter dan perawat sama-sama profesional. Biayanya juga lebih murah dan boleh ngutang,” kata Alex sembari bercanda sebelum meresmikan RSUD Provinsi.

Menurutnya perjalanan masih panjang karena untuk dana, Sumsel bukan provinsi terkaya tapi memiliki semangat luar biasa. Hamya saja Sumsel sudah lama memimpikan memiliki RS yang modern dan canggih

“Kami terima kasih Menkes sudah membantu biaya alkes, tadi sudah bisik-bisik akan tambah tahun depan,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel H Lesty Nurainy menjelaskan RSUD ini dibangun di atas 14 hektar lahan yang terdiri dari RSUD Provinsi Sumsel, fasilitas publik, rencana pembangunan Stem Cell, serta Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya yang 1,7 hektar lahannya sudah dihibahkan dari Pemprov Sumsel.

“Hari ini juga akan diselenggarakan seminar internasional dalam rangka peresmian dengan mengundang narsum dari nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Ia menjelaskan luas lantai RSUD seluas 52 ribu m2. Dari 10 lantai digunakan untuk IGD, rawat jalan, cath lab dan lain sebagainya berada di lantai 1-3, 4-9 ruang rawat inap dan lantai 10 kantor manajemen.

“Rsud ini unggulannya diantaranya kardio, ortopedi, traumatologi, medical ceck up dan persiapan untuk perawatan lansia,” jelasnya.

Tak hanya RSUD, di belakang gedung sudah dilakukan peletakan batu pertama gedung FK Unsri yang akan menjadi gedung fakultas termodern di Indonesia lengkap dengan fasilitas ruang seminar internasional.

Pos terkait