Menteri Koperasi dan UKM Mengajak Kader Nasyiatul Aisyiyah Kembangkan Ekonomi Syariah

oleh -63 views
Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki menerima plakat dari Ketum PP NA Dyah Pusparini dalam acara pembukaan Tanwir II Nasyiatul Aisyiyah (NA), di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang, Jumat (8/11/2019)

Palembang, klikampera.com – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI Teten Masduki mengajak seluruh kader Nasyiatul Aisyiyah di seluruh Indonesia untukn mengembangkan ekonomi syariah, UMKM saat ini mendominasi perekonomian nasional dengan serapan tenaga kerja 97% sehingga menjadi potensi yang besar, setidaknya sudah 60% berkontribusi pada ekonomi nasional.

Menteri Koperasi dan UKM bersama Ketum PP Muhammadiyah

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI Teten Masduki dalam pidatonya diacara pembukaan Tanwir II Nasyiatul Aisyiyah (NA) dalam periode kepemimpinan 2016-2020, dengan mengangkat tema “Gerakan Keluarga Muda Tangguh untuk Kesejahteraan Bangsa”, yang dibuka secara resmi oleh Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang, Jumat (8/11/2019).

Teten Masduki melanjutkan bahwa pemerintah selalu berkomitmen bahwa ekonomi syariah akan dibuat master plan dengan kebijakan yang cukup kuat baik dari sisi penguatan keuangan syariah, perbankan syariah, dan ekonomi digital, yang bertujuan meningkatkan peran Indonesia agar ekonomi kedepan semakin maju.

Lanjutnya, bahwa saat ini banyak koperasi yang belum masuk dalam era digital, dan kalah cepat dengan koperasi lain. Digitalisasi akan memperbesar pasar produk. Lebih penting lagi produk UMKM harus memiliki kualitas yang tinggi agar mampu bersaing. Perlu perbaikan produksi sehingga terobosan yang dilakukan bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas produk UMKM.

“Penyaluran dan pembiayaan UMKM masih rendah sehingga perlu ada akselerasi untuk kerjasama yang memberikan pembiayaan kepada UMKM agar bisa lebih cepat berkembang, apalagi jika ada kemitraan dengan berbagai pihak” jelasnya.

Rektor UMPalembang dan tamu undangan

Diberitakan sebelumnya bahwa Tanwir II Nasyiatul Aisyiyah ini dihadiri oleh berbagai tokoh nasional antara lain lain Ketua Umum PP Muhammadiyah, yaitu Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menteri PMK) Prof. Muhajir Effendy, Dien Syamsudin (MUI sekaligus Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2012-2016, Zulkifli Hasan (Ketua MPR RI periode 2014-2019), Bp. Sandiaga S, Uno serta tokoh lainnya, serta BKKBN dan tentu saja nahkoda Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah (NA) 2016-2020 yaitu Dyah Puspitarini.

Sedangkan untuk agenda Tanwir II NA itu sendiri, akan membahas tentang isu-isu perempuan dan kebangsaan, merumuskan strategi dan menyusun rekomendasi untuk penguatan peran Nasyiatul Aisyiyah untuk perempuan dan kelompok rentan dalam keumatan dan pembangunan. Isu yang diangkat secara luas dalam berbagai sektor mulai dari isu ketangguhan keluarga, pengembangan ekonomi kreatif perempuan, kerjasama lintas sektor, dan lainnya.

Editor: Rianza Putra