Milyarder Jepang Hadiahkan 9 Juta Dolar AS Sebagai ‘Eksperimen Sosial’

Oleh Klikampera pada Kamis, 9 Januari 2020 08:37 WIB
FILE PHOTO - Yusaku Maezawa. REUTERS

Tokyo, klikampera.com – Taipan fesyen Jepang, Yusaku Maezawa membagikan hadiah total sebesar 9 juta dolar AS (sekitar Rp 125 miliar) kepada pengikut twitter-nya sebagai “eksperimen sosial” untuk melihat apakah sumbangan tersebut bisa meningkatkan kebahagiaan mereka.

Maezawa akan membagikan masing-masing sebesar 1 juta yen ($ 9.000) kepada 1.000 pengikutnya yang dipilih secara acak dari mereka yang me-retweet pos sejak 1 Januari, dan dampak sumbangan tersebut akan dilacak melalui survei reguler.

“Ini adalah eksperimen sosial yang serius,” kata Maezawa di YouTube, seraya menambahkan ia berharap dapat menarik minat akademisi dan ekonom.

Maezawa, yang akan menjadi penumpang pribadi pertama yang terbang di sekitar bulan dengan SpaceX milik Elon Musk, terkenal karena pengeluarannya yang tinggi untuk mobil, seni dan olahraga, tetapi juga memiliki kecenderungan untuk merenungkan ide-ide seperti dunia tanpa uang.

Dia mengaitkan pemberian itu dengan gagasan penghasilan dasar atau teori tentang memberikan pembayaran tanpa ikatan secara berkala kepada semua warga negara yang telah mendapatkan daya tarik di beberapa kalangan politik dan didukung oleh kandidat presiden Demokrat A.S Andrew Yang.

“Dasarnya adalah jumlah minimum reguler yang menawarkan rasa aman yang ditawarkan Maezawa, sama sekali berbeda,” kata Toshihiro Nagahama, ekonom senior di Dai-ichi Life Research Institute.

Maezawa mengatakan dia “punya uang dan waktu luang” untuk berbagi, dia merasa perlu untuk mencoba dan menginspirasi debat yang lebih besar tentang manfaat teori tersebut di Jepang.

Gagasan tentang pendapatan dasar secara universal telah memperoleh dukungan atas ketakutan terhadap teknologi seperti kecerdasan buatan akan menghapus sejumlah besar pekerjaan, tetapi kekhawatiran itu untuk saat ini tidak terjadi di Jepang dengan pasar tenaga kerjanya yang ketat, kata Nagahama.

Pemberian Maezawa merupakan yang terbesar kedua, setelah pengusaha itu pada November lalu menerima bayaran 900 juta dolar AS untuk penjualan bisnis fashion online-nya, Zozo Inc kepada SoftBank Group Corp.

Maezawa, yang baru-baru ini menjadi berita utama setelah berpisah dari pacarnya aktris Ayame Goriki, telah mengumpulkan hampir 7 juta pengikut di Twitter dengan perpaduan tampilan konsumsi yang mencolok dan pernyataan sederhana tentang makna kehidupan.

YouTube adalah outlet online terbaru untuk Maezawa yang mengunggah video tur di jet pribadinya, kunjungan ke tukang cukur untuk mewarnai rambutnya dan memperbarui buku banknya setelah rejeki nomplok di November itu.

Perdebatan tentang pendapatan dasar muncul ketika ketidaksetaraan pendapatan terus meningkat di Amerika Serikat, di mana dalam beberapa tahun terakhir beberapa pengusaha superkaya dan pendiri Microsoft Bill Gates hingga investor Warren Buffett, telah berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka.

(Ant/riil)

Pos terkait