Musnahkan 79 Kg Sabu, BNN Sumsel Apresiasi Kinerja TNI AL

Oleh Klikampera pada Rabu, 11 Desember 2019 13:10 WIB
79 bungkus dengan total keseluruhan 79 Kg barang bukti jenis sabu hari ini dimusnahkan oleh BNN Sumsel

Palembang, klikampera.com – Sebanyak 79 bungkus dengan total keseluruhan 79 Kg barang bukti jenis sabu hari ini dimusnahkan oleh Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), untuk pemusnahan barang bukti kali ini merupakan salah satu hasil ungkap kasus oleh TNI AL di perairan Sungai Sungsang, Kabupaten Banyuasin Palembang.

Dalam pemusnahan barang bukti yang di gelar dihalaman BNNP Sumsel kali ini turut disaksikan secara langsung perwakilan dari instansi TNI-AL, Pengadilan Negeri, Kejaksaan, Bea Cukai, Polda Sumsel, Polrestabes Palembang, BPOM, lalu setelah itu barang bukti jenis sabu ini dilakukan pengujian barang bukti yang dilaksanakan oleh pihak laboratorium Polda Sumsel.

Kepala BNN Provinsi Sumsel Brigjen Pol. Drs. Jhon Turman Panjaitan, mengungkapkan, untuk pemusnahan barang bukti kali ini merupakan salah satu penangan standar oprasional prosedur dalam penanganan Narkotik khususnya perkara-perkara besar baik jumlah tersangka dan barang buktinya. Agar tranparansi penyidikan diketahui oleh halayak umum.

“Kita sudah bersama-sama menyaksikan tadi bangaimana kita telah menyakinkan publik, menyakinkan masyarakat bahwa narkotik yang akan di musnahkan itu berjumlah 79 bungkus dan pada saat akan dimusnahkan juga berjumlah 79 bungkus,” ujarnya.

Lanjut Brigjen Pol. Drs. Jhon Turman Panjaitan, mengatakan, untuk 79 bungkus yang telah diamankan tesebut lalu dilakukan pengujian keasliannya apakah ini memang narkotik, “hal seperti ini juga kita lakukan secara transparansi, dan kita beritahu juga kehadapan masyarakat umum dan media bahwa pemusnahan yang kali ini memang jenis narkotik jenis sabu,” katanya.

Masih Brigjen Pol. Drs. Jhon Turman Panjaitan, menjelskan, ini merupakan salah satu bentuk tranparansi yang dilaksanakan oleh seluruh penyidik diwilayah Republik Indonesia (RI). Hal ini dilakukan supaya tidak ada yang beranggapan miring bagi aparat penegak hukum dalam hal penyidik bahwa barang buktinya berbeda.

“Hal seperi inilah yang sering kita sampaikan bahwasanya pemusnahan barang bukti sudah dilaksanakan dengan penangan standar oprasional prosedur, dan transparan seluruh dihadapan halayak umum, masyarakat, dan media,” jelasnya.

Disamping itu juga masih Brigjen Pol. Drs. Jhon Turman Panjaitan, menambahkan, dalam pemusnahan kali ini BNNP Sumsel berikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi seluruh team dari TNI-AL yang selama ini dapat diketahui bawasanya laut sangat dimanfaatkan oleh para sindikat Narkotika Internasional dalam memasok Narkotik masuk diwilayah Indonesia.

“Yang kita ungkap hari ini merupakan bagian dari pada prestasi dari rekan-rekan TNI-AL, tapi bahwasanya saya yakin teman-teman dari tersangka 79 Kg yang lainnya masih banyak yang belum terungkap. Ini merupakan salah satu tantangan kita, memacu kita, memotivasi kita untuk selalu bekerja, selalu berkoorsinasi, selalu bertukar informasi, sehingga nakotik dapat kita cegah masuk kemasayarakat,” tutupnya.

Wartawan: M. Daud
Editor: Rianza

Pos terkait