Nadeo: Pemain Timnas Rasakan Peningkatan Ketahanan Fisik

Oleh Klikampera pada Selasa, 18 Februari 2020 15:25 WIB
Penjaga gawang Nadeo Argawinata (kiri) dan Muhammad Adi Satrio (kedua dari kiri) berlatih di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (18/2/2020). Kegiatan itu bagian dari pemusatan latihan menuju Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang dijadwalkan berlangsung pada 14-23 Februari 2020

Jakarta, klikampera.com – Kiper Nadeo Argawinata mengatakan, semua pemain yang mengikuti pemusatan latihan (TC) tim nasional Indonesia sejak 14 Februari 2020 merasakan peningkatan ketahanan fisik dari sebelumnya.

“Semua pemain merasakan hal yang sama, fisik meningkat. Itu karena selama TC fisik kami digenjot oleh manajer pelatih Shin Tae-Yong. Terutama di penjaga gawang, ya, yang berlatih 30 menit sebelum pemain lain,” ujar Nadeo di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (18/2).

Menurut pemain berusia 22 tahun itu, menu latihan fisik yang diberikan Shin Tae-Yong cukup melelahkan. Bukan cuma di lapangan, Shin juga memerintahkan skuat berjuluk Garuda untuk menempa tubuh di ‘gym’.

Mulanya, badan para pemain terasa berat menuntaskan instruksi-instruksi pelatih. Akan tetapi, seiring waktu, mereka terbiasa dan menikmati semuanya

“Awalnya pasti berat, tetapi kami mulai bisa menikmati,” tutur Nadeo.

Dalam TC timnas Indonesia di Jakarta, Shin Tae-Yong memang lebih fokus menempa fisik, diselangi latihan penguasaan bola dan operan.

Khusus untuk kiper, Shin memberikan latihan fisik yang lebih lama dari pemain di posisi lain. Sebanyak empat penjaga gawang timnas yakni Andritany Ardhiyasa, Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi dan Adi Satrio harus menjalani latihan sekitar setengah jam sebelum pemain lain.

“Pelatih Shin ingin meningkatkan kualitas kiper Indonesia, ditunjang dengan fisik yang bagus. Kami menikmati saja semuanya, tidak menganggapnya sebagai beban,” kata pesepak bola yang merumput untuk klub Bali United itu.

Timnas Indonesia tengah menjalani TC yang berlangsung pada 14-23 Februari 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta. Kegiatan itu digelar sebagai persiapan menghadapi lanjutan laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Pada Selasa (18/2), TC memasuki hari kelima. Latihan terkini dimulai sekitar pukul 10.55 WIB dan diikuti oleh semua pemain yang berjumlah 33 orang. Penyerang M. Rafli untuk pertama kali bergabung bersama skuat setelah pulih dari radang tenggorokan.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia akan menghadapi tuan rumah Thailand pada 26 Maret 2020. Lima hari kemudian, pada 31 Maret 2020, Indonesia akan menjamu Uni Emirat Arab.

(Ant/riil)

Pos terkait