November 2019 Tiga Kali Hujan Besar, Ahmad Bastari Terpantau Titik Banjir Sudah Berkurang

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Palembang Ahmad Bastari

Palembang, klikampera.com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Palembang Ahmad Bastari menyampaiikan, titik – titik banjir yang melanda Kota Palembang sudah banyak berkurang. Hal ini terbukti pada Bulan November 2019 tercatat sudah tiga kali hujan besar hanya terpantau satu titik banjir, Rabu (27/11/2019) di Hotel Beston Kota Palembang.

Ahmad Bastari mengungkapkan menurutnya, satu titik banjir yang terpantau itu terletak di jalan Kolonel H Barlian tepatnya di kawasan Pool Damri, KM 9 Palembang untuk itu dalam hal ini pihaknya sudah mengetahui penyebab daripada banjir di kawasan tersebut.

“Banjir di Pool Damri disebabkan Box Culvert yang kapasitasnya memang kecil. Selain itu saluran pembuangan juga kecil, dan ada satu jembatan mengganggu aliran air menuju kolam retensi,” ungkapnya.

Untuk itulah karena sudah mengetahui letak penyebab timbulnya banjir di kawasan tersebut, untuk itu guna mengatasinya jajarannya sudah memiliki pemecahannya guna mengatasi masalah tersebut.

“Dalam hal ini kita akan perbaiki, dengan mengganti box culvert yang memiliki kapasitas besar, kemudian melebarkan saluran pembuangan, mengganti jembatan dan memperlebar kolam retensi,” jelasnya.

Karena Ini pengerjaan yang komplek dan dana yang besar maka pihaknya belum bisa melakukan pada tahun 2019 ini tetapi baru akan dikerjakan pada tahun 2020. Oleh karenanya ia meminta maaf karena belum bisa mengendalikan titik banjir di kawasan Pool Damri tersebut.

Banyak titik sudah kami kendalikan, sebagai contoh banjir di Brimob Jalan Demang Lebar Daun dan di Depan Kantor Sumeks. Dua kawasan ini biasanya langganan banjir menurutnya pada hujan besar lalu tidak terjadi banjir.

“Kita juga sedang pengerjaan di Jalan Masjid Lama depan Masjid Agung, Jalan Kapten A Rivai Depan Pengadilan Negeri. Selain dua jalan tersebut kami juga sedang dalam pengerjaan di Jalan M Isa depan rumah H Halim dan Jalan Residen H Rozak kawasan PHDM,” urainya.

Ditambahkannya, pertengahan bulan Desember pompa pengendalian banjir Sungai Bendung akan beroperasi. Diharapkan dengan operasional pompanisasi Sungai Bendung dapat mengendalikan banjir sepanjang sungai tersebut.

Wartawan: M. Daud
Editor: Rianza

Pos terkait