Pantai Tegal Mas Lampung, Pilihan Tepat Mengisi Liburan Tahun Baru

Oleh Klikampera pada Kamis, 26 Desember 2019 08:42 WIB
Suasana pantai yang bersih di Pantai Tegal Mas Lampung

Lampung, klikampera.com – Bingung mau kemana liburan tahun baru ini? Coba datang ke Pantai Tegal Mas Lampung. Suasana pantai yang keren, bakal buat para travellers yang datang, tidak sabar untuk menikmatinya.

Pasir putih Pantai Tegal Mas Lampung

Pada musim liburan natal dan tahun baru kali ini, pantai yang viral karena disebut mirip dengan suasana di Pantai Maldives, telah dikunjungi puluhan ribu wisatawan. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Untuk menuju ke Pantai Tegal Mas ini, ada beberapa alternatif lokasi penyeberangan. Salah satunya adalah melalui Pantai Sari Ringgung Lampung. Kawasan Pantai yang berada di daerah kecamatan Pesawaran ini, memang paling dekat dengan lokasi Pantai Tegal Mas, sekitar 25 Menit menyeberang menggunakan perahu milik nelayan sekitar.

Biaya sewa perahu variatif, berkisar antara 300 hingga 500 ribu, tergantung kemampuan menawar. Biaya ini termasuk antar jemput ke Pantai Tegal Mas. Untuk keamanan penumpang, tersedia pelampung yang cukup dan kondisi perahu yang cukup terawat, sehingga penumpang bisa merasa nyaman.

Penginapan di Pantai Tegal Mas Lampung

Puluhan kendaraan yang antri untuk masuk ke kawasan pantai Sari Ringgung ini, membuat suasana semakin ramai. Biaya masuk yakni kendaraan sebesar Rp 10.000,- , dan per orang sebesar Rp 25.000,-.

Biaya ini dibayar di gerbang masuk kawasan pantai. Menurut informasi yang disampaikan oleh petugas yang berada di gerbang masuk, biaya ini termasuk biaya parkir, dan sewa gratis pondok di pinggir pantai. Namun sayangnya, ketika kendaraan akan parkir, tetap diminta ongkos parkir oleh oknum petugas yang berada di lokasi tersebut, sebesar 20 ribu Rupiah, dan tetap dikenakan biaya sewa pondok sebesar 100 ribu Rupiah. Hal ini tentunya sangat membebani pengunjung dan membuat tidak nyaman.

Jasa penyewaan perahu menuju Pantai Tegal Mas Lampung

Apabila anda ingin menyeberang ke pantai Tegal Mas, jangan khawatir, beberapa nelayan akan mendatangi kendaraan anda, dan menawari jasa penyewaan perahu. Anda cukup menawar sesuai kemampuan, dan apabila cocok maka anda akan diantar menuju ke Pantai Tegal Mas.

Ketika perahu telah mendekati pantai Tegal Mas, suasana yang ramai sudah terlihat. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan air laut yang sangat bening, ikan-ikan yang berwarna warni, serta tempat penginapan yang bernuansa khas, yang membuat anda tidak sabar untuk berfoto.

Untuk masuk ke kawasan Pantai ini, dikenai biaya sebesar 50 ribu Rupiah per orang. Biaya ini sudah termasuk sewa pondok, dan menikmati seluruh fasilitas wisata yang ada. Namun menurut kami, harga tersebut tidak sebanding dengan fasilitas yang diberikan untuk pengunjung. Mulai dari pondokan yang jumlahnya sedikit, hingga toilet yang kurang memadai, mengingat banyaknya wisatawan yang datang.

Beberapa warung tradisional juga tampak menjual makanan dan minuman. Namun sayangnya tumpukan sampah juga terlihat di beberapa titik, sehingga tampak kurang diperhatikan. Tampak pula penginapan yang berada diatas air, yang bernuansa mirip dengan rumah adat di Lombok.

Setiap pengunjung yang datang, pasti langsung terpesona dengan suasana pantai yang indah dan model penginapan yang khas itu. Tampak para pengunjung berpose di depan penginapan tersebut, walaupun suasana cukup panas menyengat.

Beberapa tips apabila anda ingin berkunjung ke Pantai Tegal Mas :

  1. Datang lebih pagi, atau menjelang sore. Hal ini dikarenakan suasana yang panas terik disebabkan oleh pantulan cahaya matahari ke air laut, sehingga membuat kita cepat merasa letih dan kurang menikmati suasana bermain air di Pantai ini.
  2. Bawalah bekal makanan yang cukup, karena di kawasan ini, warung makanan hanya menyediakan mie instan, dan beberapa jenis minuman ringan.
  3. Jangan lupa mencatat nomor telpon pengemudi perahu, karena biasanya setelah mengantar kita ke Tegal Mas, mereka akan kembali ke Pantai Sari Ringgung dan mengantarkan penumpang berikutnya. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjemput kita kembali.
  4. Biaya masuk sebesar 50 ribu Rupiah tersebut sudah termasuk sewa pondokan. Namun karena suasana yang ramai, sehingga kita harus antri dan bergabung dengan pengunjung lain.
  5. Berganti pakaian/bilas setelah berenang lebih baik dilakukan di Pantai Sari Ringgung, karena sarana toilet dan tempat mandi nya jauh lebih bersih dan memadai di bandingkan di Pantai Tegal Mas, selain itu anda tidak perlu antri.

Jadi, ayo siapkan perlengkapan travelling anda, dan nikmati liburan tahun baru ini di Maldives nya Indonesia, Pantai Tegal Mas Lampung.

Wartawan: A. Sandy
Editor: Rianza

Pos terkait