Patroli Pemukiman Waspadai Pencurian Rumah Kosong

oleh -7 views
Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya

Banjarbaru, klikampera.com – Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya menginstruksikan anggotanya untuk meningkatkan patroli ke kawasan pemukiman untuk mewaspadai pencurian rumah kosong yang rawan terjadi di saat Lebaran.

“Saat ini ada sebagian masyarakat yang masih mudik sehingga rumah kosong, kondisi ini patut diwaspadai bersama,” kata Kelana di Banjarbaru, Jumat (7/6).

Anggota Bhabinkamtibmas pun diminta untuk selalu melakukan kontrol di wilayah binaannya masing-masing, sehingga jangan sampai kecolongan masuknya kawanan pencuri yang menyasar rumah tanpa penghuni.

“Karena Bhabinkamtibmas paling tahu kondisi warga setempat yang mana banyak mudik dan tidak. Selalu jalin komunikasi dengan satpam komplek atau penjaga malam di perumahan,” kata Kapolres.

Kelana juga berharap kepedulian masyarakat agar dapat turut memperhatikan kondisi lingkungan, dimana ada tetangganya yang mudik, sehingga minimal dapat mengetahui jika ada orang dengan gelagat mencurigakan masuk ke perumahan.

“Kalau ada orang lain yang terlihat menghampiri suatu rumah kosong, maka segera ditegur dan ditanya keperluannya, sehingga paling tidak jika itu pelaku kejahatan mereka akan berpikir ulang melakukan aksinya,” katanya mengingatkan.

Masyarakat juga bisa memanfaatkan Aplikasi Siharat milik Polres Banjarbaru yang bisa diunduh di Google Play Store untuk digunakan di saat darurat membutuhkan kehadiran polisi segera.

“Jika masyarakat mengetahui adanya tindak pidana bisa segera melaporkannya ke polisi dengan cara cukup tekan panic buttonatau tombol darurat di Aplikasi Siharat, anggota langsung merespon cepat,” ujar Kelana.

(Antara)
Editor: Rianza