Pembangunan Masjid Sriwijaya Baru 20 Persen

oleh -103 views
Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Nasrun Umar

Palembang, klikampera.com – Pembangunan Masjid Raya Sriwijaya Jakabaring Palembang terus dikebut. Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Nasrun Umar menjelaskan Pemprov Sumsel menginginkan agar adanya percepatan pembangunan ada atau tanpa Asian Games 2018.

“Dari sisi progres pengerjaan tak menemui kendala bearti,” ungkap Nasrun Umar usai rapat membahas Masjid Raya Sriwijaya Jakabaring di Ruang Rapat Sekda, Senin (9/7/2018).

Menurutnya meski sebagai salah satu proyek strategis yang juga diimpikan masyarakat Sumatera Selatan, Nasrun mengakui kompleks Masjid Raya Sriwijaya Jakabaring memang belum menunjukan progres yang signifikan sejak November 2015 lalu.

“Dan sebagai ketua TAPD saya harus mampu mengamankan hal tersebut,” ujar Nasrun Umar.

Lanjut Nasrun, oleh sebab itu, pihaknya untuk sementara waktu melakukan cut-off pada proyek pembangunan Masjid Raya Sriwijaya di tahun 2018 ini.

“Permodalan sendiri bukan masalah, karena pada dasarnya saya memang belum menganggarkan itu, sebab harus lihat dulu dana yang keluar itu sudah sampai dimana. Jangan sampai ada kesan, duit keluar terus tapi kondisi di lapangan tak sesuai,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa tidak ada pemutusan proyek pembangunan Masjid Sriwijaya. Hingga saat ini masih dikerjakan PT. Abyparaya-Yodya. Yang ada saat ini dalam proses aduit, agar dana yang telah dikeluarkan sesuai dengan apa yang dikerjakan.

“Proyek Pembangunan Masjid Sriwijaya tetap jalan. Ini kan proyek strategis di Sumsel. Untuk itu kita giring agar dilakukan percepatan,” katanya.

Sementara itu Ketua panitia Pembangunan Masjid Raya Sriwijaya Jakabaring Palembang, Marwa M Diah mengatakan, bahwa hingga saat ini pembanguan masih dilakukan.

“Progres pembangunanya hampir 20 persen. Sudah dilakukan penimbunan, pondasi dan tiang-tiang kolom. Setelah itu nantinya lanjut ke kontruksi struktur sampai ke atas,” jelasnya.    (ra)