Pemkot Ijinkan Mobil Dinas Dipakai Mudik, Ini Syaratnya

oleh -90 views

Palembang, klikampera.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memastikan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mendapatkan fasilitas mobil dinas, dapat menggunakan mobil dinas tersebut untuk mudik saat lebaran.

“Hari raya idul fitri merupakan momen saling berbagi dan bersilaturahmi. Jadi bolehlah ada toleransi,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) kota Palembang, Harobin Mastofa, Minggu (3/6/2018)

Menurut Harobin, Pemkot Palembang memutuskan untuk tidak melarang mobil dinas dipergunakan untuk mudik. Mengingat lebaran merupakan momen yang sangat sakral untuk berkumpul dan saling bersilaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman.

“Jangan seperti itu, Masak mau sujud dengan orang tuanya di kampung halaman dilarang,” jelasnya.

Hanya saja, Harobin meminta kepada para ASN untuk membuat surat ijin kepada Sekda atau Walikota, yang isinya memang benar kendaraan tersebut sudah mendapatkan ijin untuk digunakan mudik. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya masalah dalam perjalanan selama mudik.

“Itu untuk yang keluar Sumsel atau ke luar pulau Sumatera ya, misal nyebrang ke Jawa, harus ada ijin. Agar tahu mobil itu kegunaannya, pasti disetujui,” ungkapnya.

Selain itu, Harobin juga meminta kepada para ASN untuk tidak mengganti plat nomor kendaraan dinas yang digunakan agar nantinya tidak menimbulkan masalah di jalan.

“Kita imbau jangan diganti, biarkan saja plat merah. Agar masyarakat atau polisi tahu kalau itu mobil dinas, tidak masalahkan,” tegasnya. (ra)