Pemkot Palembang Apresiasi KONI Palembang Menggelar Porkot

Ketua Umum KONI Palembang Ir Suparman Romans bersama Plh Sekda Palembang Sulaiman Amin saat menerbangkan balon pada pembukaan Porkot X di Stadioj Kamboja Palembang
  • Whatsapp

Palembang, klikampera.com – Pemerintah Kota Palembang mengapresiasi Pengurus Komite Olahrag Nasional Indonesia (KONI) Kota Palembang yang telah menggelar Pekan Olahraga (Porkot) X Kota Palembang.

Hal ini secara resmi disampaikan oleh Plh Sekda Kota Palembang Sulaiman Amin pada pembukaan Porkot X di Stadion Kamboja, Minggu (11/11/2018).

Turut hadir Kapolresta Palembang, Komandan Kodim 0418 Palembang, Wakil KONI Sumsel dan seluruh jajaran SKPD.

Plh Sekda Kota Palembang Sulaiman Amin mengatakan multievent yang digagas oleh KONI Palembang sebagai bentuk pembinaan dan prestasi dilevel kota Palembang menuju prestasi provinsi, nasional, hingga internasional.

“Kami sangat mendukung dan tetap berharap Palembang kembali mempertahankan juara umum pada Porprov 2019 di Prabumulih melalui atlet handal yang lahir dari Porkot tahun ini,” terang Sulaiman.

Sementara itu Ketua Umum KONI Palembang Ir Suparman Romans didampingi Ketua Pelaksana Porkot X Aliyudin Asral mengatakan bahwa berbeda dengan Porkot IX pada 2014 sebelumnya dengan juara umum Kontingen Ilir Barat 1, dengan hanya 16 kontingen, ajang multievent olahraga bergengsi ini akan mempertemukan atlet top dari 18 kontingen dari 18 kecamatan yang ada di Bumi Sriwijaya. Dua penambahan tersebut datang dari dua kecamatan baru di Palembang yakni Ilir Timur III dan Jakabaring.

“Ini multievent terbesar tingkat Palembang yang diikuti 1913 atlet, 404 pelatih 387 ofisial dengan memperebutkan 1591 keping medali,” jelasnya.

Dengan diikuti ribuan atlet, ajang ini menjadi pembuktian pembinaan olahraga di 18 kecamatan dari 18 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Mulai dari atletik, silat, karate, taekwondo, futsal, renang, catur, kempo, bola basket, voli, sepakbola, bulutangkis, panahan, sepak takraw, menembak, anggar, tenis meja,, panjat tebing dan sepatu roda.

“Cabang olahraga silat awalnya tidak dipertandingkan, akan tetapi setelah duduk bersama demi kepentingan pembinaan atlet, maka kami sepakat dipertandingkan,” tambahnya.

Diharapkan ini menjadi pesta olahraga yang menjunjung nilai sportifitas agar kelak atlet terbina fisik hingga karakter dalam pertandingan.

“Karena ini sekaligus menjadi ajang seleksi menuju Porprov 2019,” jelasnya.

Apalagi dari 18 kecamatan tersebut, semua telah resmi dilantik memiliki pengurus KONI Kordinator Olahraga Kecamatan (Korcam) masing-masing.

 

Wartawan: Anggra
Editor: Rianza

Pos terkait