Pemkot Siap, Penuhi Air Bersih, Mobil Ambulans Bagi Lapas dan Mall Pelayanan Publik Bagi Kantor Imigrasi

oleh -12 views
Walikota Palembang H. Harnojoyo

Palembang, klikampera.com – Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Selatan hari ini menyambangi rumah dinas Walikota Palembang di Jalan. Tasik, Senin (21/10/2019) guna mendiskusikan terkait bagaimana upaya – upaya peningkatan pembinaan warga binaan, serta mall pelayanan publik bagi kantor imigrasi

“Dalam hal ini kami mengalami kesulitan seperti masalah air bersih dalam hal ini kebetulan Walikota Palembang H. Harnojoyo akan mengintruksikan kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Dan juga akan mengoptimalkan supaya air yang dibutuhkan di lapas rutan bisa terpenuhi,” ujar Kepala Kantor Wilayah Sumatera Selatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Ajub Suratman, usai beraudiensi bersama Walikota Palembang.

Lanjut Ajub mengatakan, kemudian terkait dengan warga binaan yang lain juga seperti kalau ada warga binaan yang sakit, karena dilapas tidak adanya kendaraan seperti Ambulans karena meskipun yang sakit ini warga binaan tetapi mereka jugakan berhak yang namanya hidup sehat.

Tidak hanya warga binaan saja yang “kita diskusikan tadi seperti halnya Imigrasi bagaimana kita dapat membentuk suatu mall pelayan publik dimana ini nanti akan diupayakan di wilayah Jakabaring,” ujarnya.

Dimana, mall layanan publik ini khususnya imigrasi ini masyarakat bisa membuat paspor disana, hal ini diperuntukan upaya – upaya dalam menjemput bola dalam mengoptimalisasikan mall pelayanan publik supaya masyarakat dapat dengan mudah dengan cukup datang ke mall ini nantinya.

Lanjut Ajub menjelaskan, kemudian untuk kapasitas lapas juga masih banyak yang perlu diperhatikan seperti halnya di daerah serong itu dengan kapasitas 400 orang dengan penghuni lapas sekarang ini sekitar 1100 orang, dan juga daerah lapas merah mata dengan kapasitas 500 dengan kapasitas penghuni saat ini sekitar 1700.

“Hal seperti ini juga menjadi salah satu persoalan kami juga sudah berkoordinasi kepada kepala BNNP, Polda, Kejati, dan Mahkama Agung bagaimana sedapat mungkin untuk kasus – kasus pengguna narkoba itu untuk para korbannya tidak dipidana melainkan cuma di rehab, persoalannya kita belum punya yang namanya balai rehab,” katanya.

Sementara itu, Walikota Palembang H Harnojoyo menjelaskan, dari hasil diskusi tadi ada beberapa dukungan seperti mall pelayanan publik dalam hal ini kantor imigrasi akan berkoordinasi dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan juga terkait air bersih untuk di lapas untuk dilapas anak sudah cukup. Kemudian didaerah merah mata untuk kendaraan ambulans akan di anggarkan pada tahun 2020.

Wartawan: M. Daud
Editor: Rianza