Penandatanganan MoU, Pempek Akan Dijual di Gerai Indomaret

Oleh Klikampera pada Selasa, 17 Maret 2020 13:34 WIB
Penandatanganan MoU antara Indomaret dengan ASPPEK Kota Palembang dengan Walikota Palembang, yang dilaksanakan di rumah Dinas Walikota Palembang, Selasa (17/3/2020)

Palembang, klikampera.com – Sebagai kota penghasil pempek terbesar di Indonesia banyak hal yang dilakukan Pengusaha pempek dalam mempromosikan pempek yang ada di Kota Palembang hal ini dibperuntukan supaya pempek dapat kenal tidak hanya di Kota Palembang saja melainkan dapat dikenal di seluruh Indonesia bahkan ke kanca belahan dunia.

Terbukti dengan hasil kerjasama yang baik dari para pemgusaha pempek yang ada di Kota Palembang saat ini Asosiasi Pengusaha Pempek (ASPPEK) malaksanakan Penandatanganan MoU antara Indomaret dengan Asosiasi Pengusaha Pempek (ASPPEK) Kota Palembang dengan Walikota Palembang, yang dilaksanakan di rumah Dinas Walikota Palembang, Selasa (17/3/2020).

Walikota Palembang H. Harnojoyo mengatakan, dari hasil penandatanganan MoU tadi dirinya sangat mengapresiasi kepada khususnya paguyupan aspek-aspek yang ada di Kota Palembang ini bahwa semanja paguyuban ini diberikan aspek ini lalu ia banyak kemajuan-kemajuan inovasi-inovasi yang begitu bagus seperti ini.

“Mudah-mudahan dengan adanya MoU ini mampu membawa pempek yang ada di Kota Palembang ini kekanca yang yang lebih mendunia, seperti apa yang telah saya sampaikan tadi pempek ini jangan hanya kita temukan di warung-warung saja akan tetapi ada tempat yang kiranya nanti akan bisa untuk menggelorakan sehubungan dengan visi kita untuk menduniakan pempek,” ungkapnya.

Lanjut, Harnojoyo menjelsakan, maka dari itulah pempek ini coba diisi di Indomaret dulu dan akan bertahap nanti ke mini market yang ada di Kota Palembang. Tentu dengan itu semua dengan standar kelayakan, serta terjamin dari sisi kehalalan, Halal serta layak edar.

“Alhamdulillah tadi kami tanya dengan ibu Yeni masa kadaluarsanya berapa ini rupanya pempek ini yang sudah dikemas di dalam freezer bisa bertahan enam bulan masa kadaluarsa makanan, dan ini juga merupakan langkah awal dengan tujuan kita akan mengangkat usaha pempek di kota Palembang ini dalam rangka mencapai cita-citanya hingga merambah keseluruh Indomaret-indomaret yang ada di Indonesia,” ucapnya.

Masih Harnojoyo menjelaskan, mudah-mudahan Indomaret terus membuka ruang kepada tidak hanya pempek di depan ini makanan-makanan yang lain makanan khas kota Palembang lainnya juga dapat dipasarkan di Indomaret yang ada di seluruh Indonesia.

“Mudah-mudahan diawali dengan pempek akan menyusul yang lain-lain dan harapan kami juga secepatnya Indomaret ini nanti bersedia untuk memasarkan pempek ini yang sudah didaftarkan ini untuk dipasarkan di seluruh tanah air,” singkatnya.

Sementara itu ketua ASPPEK Yeni Anggraini menambahkan, untuk penandatanganan MoU dengan Indomaret yang difasilitasi sama Dinas Penanaman Modal Pelayanan Tepadu Satu Pintu( DPMPTSP) Kota Palembang prosesnya sudah dari Juli.

“Tadi karena kita kan harus bersandar jadi tidak semua maksudnya semua lolos langsung diisi di Indomaret tidak jadi kita harus ber standar apa yang sudah dikeluarkan sama Indomaret, kita dari asosiasi pempek mengikutin proses demi proses kita jalani,” ucapnya.

Masih ditempat yang sama, Kepala Cabang Indomaret Tondo Saputro menjelaskan, untuk dapat masuk dan di pasarkan melalui Indomaret itu banyak hal yang mesti di lengkapi.

“Jadi semua harus lengkap semua itu bisa masuk ke kita, melalui ASPPEK seperti itu jadi sederhana dan tentunya rasa ini juga jadi pertimbangan karena kalau rasa tidak bagus barangnya nanti akan tereliminasi sendiri. Untuk pempek ini sendiri kemarin yang telah memenuhi syarat untuk besok kita mulai dari 20 toko nanti akan berkembang terus diseluruh gerai Indomaret yang ada di Kota Palembang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal PelayananTerpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Dr. Akhmad Mustain mengatakan, untuk penandatanganan kali ini sebenarnya satu cita-cita.

“Ya seperti yang kita ketahui di Indomaret itu ada Sosis, So Good dan itu ada di seluruh Indomaret yang ada di Indonesia bagaimana jika ada Pempek juga, nah ini merupakan langkah kecil kita memulai dari kota kita ini sebagai penghasil pempek tentunya,” katanya.

Dan untuk kawan-kawan pengusaha pempek ini sendiri mampu memenuhi standar yang diminta oleh Indomaret dari segala macam persyaratan-persyaratan yang sudah standar izin edar. Seperti sanitasi sertifikat halal, serta bagaimana proses pembuatannya, packing-nya terus bagaimana kualitas dan rasionya dan memenuhi standar untuk diedarkan.

“Maka itulah masuk ke gerai Indomaret Salah satu tokoh modern yang ada di seluruh Indonesia mulai dari Palembang akan lambat laun kami berharap seperti yang tadi bilang sama Sosis,So Good, nugget segala macam itu ada di seluru Indomaret yang ada di Indonesia. Untuk itulah langkah kecil mulai kita mengedukasi kawan-kawan kita memfasilitasi kawan-kawan pelaku usaha pempek untuk mampu memenuhi standar itu,” pungkasnya.

Wartawan: M. Daud
Editor: Rianza

Pos terkait