Penasaran? Ini Dia Jadwal Ujian SD di Palembang

oleh -179 views

Palembang, klikampera.com – Tahun 2018, Pagelaran Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Praktek tingkat SD Kota Palembang bakal berlangsung selama 6 hari.

Dimana soal Ujian Sekolah dibuat atas 2 kelompok, yakni 3 soal USBN dari Kepala Sekolah, Pengawas, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dan Universitas, lalu 5 soal lagi dibuat masing-masing guru sekolah.

Kabid SD Disdik kota Palembang Bahrin mengatakan saat ini pembuatan soal ujian sudah tahapan pengerjaan, sebab pembuatan soal ini harus diteliti dulu. Baik itu tingkat kesulitan dan kurikulumnya.

“Berhubung ditahun ini masih ada beberapa sekolah menggunakan Kurikulum 2006 (KTSP), jadi soalnya pun harus disesuaikan dengan sekolah masing-masing,” katanya, Senin (26/2/2018).

Untuk pelaksanaan ujian sendiri, sekitaran tanggal 26 April sampai 2 Mei mendatang. Dimana selama 6 hari tersebut siswa akan melakukan Ujian Praktek dan Ujian Sekolah.

“Pastinya kita harap Kepala Sekolah dan guru sudah memberikan soal kisi dalam menghadapi Ujian nanti,” ujarnya.

Meski pagelaran Ujian Sekolah tinggal beberapa bulan lagi, namun Disdik sudah berkoordinasi dengan pihak SD Negeri dan Swasta, agar segera membuat soal ujian.

“Dimana ujian tahun ini harus berstandar pendidikan, atau yang disebut dengan USBN. Sama seperti tahun sebelumnya, beda ditahun ini pembuatan soal melibatkan beberapa elemen, khusus USBN ada 3 soal yang dibuat oleh Kepala Sekolah, Pengawas, LPMP dan Universitas, lalu 5 soal lagi dibuat masing-masing guru SD tersebut,” ungkapnya.

Lanjutnya, bentuk soalnya pilihan ganda dan essai. Mata pelajaran Bahasa Indonesia 40 pilihan ganda dan 5 essai, Matematika 30 pilihan ganda dan 5 essai, IPA 35 pilihan ganda dan 5 esai. Sedangkan mata pelajaran PKN, Agama, Olahraga, IPS dan SBK, dimana ada 40 pilihan ganda dan 5 essai.

“target kita sebelum bulan April nanti semua soal USBN dan Soal lainnya harus sudah selesai,” pungkasnya.(SGR)