Pendampingan Pembuatan WEB Online Untuk Pemasaran Produk Pupuk Cair dan Produk Produk TPS-3R KSM Maju Jaya Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang oleh Tim PKM UMPalembang

Oleh Klikampera pada Rabu, 19 Agustus 2020 16:41 WIB
Pendampingan Pembuatan WEB Online Untuk Pemasaran Produk Pupuk Cair dan Produk Produk TPS-3R KSM Maju Jaya Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang oleh Tim PKM UMPalembang

Palembang, klikampera.com – Wilayah Kota Palembang terdiri dari 16 wilayah kecamatan dan 107 kelurahan. Kota Palembang merupakan kota yang terpilih untuk mengembangkan metode 3-R di 3 Kecamatan, dimana Kecamatan Alang-Alang adalah salah satu yang terpilih.

Terpilihnya Kecamatan Alang-Alang Lebar yang terdiri dari 350 KK, dengan jumlah sampah yang dihasilkan sebesar 1,7 kg/KK yang sebagian besar berupa sampah organik. Usaha yang dilakukan TPS-3R Kelompok Swadaya Masyarakat Maju Jaya untuk sosialisasi program 3-R dalam pengelolaan sampah ke sekolah sekolah dan perumahan yang berada di sekitar Kecamatan Alang Alang Lebar selalu dilakukan walaupun belum terlihat hasilnya secara signifikan.

Bank Sampah dan TPS 3-R merupakan kegiatan yang saling bersinergi. Bank Sampah merupakan usaha masyarakat bersama dengan pemerintah memilik fungsi sebagai media edukasi bagi masyarakat bagaimana memelihara lingkungan dan mengelola sampah. TPS 3-R Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM ) Maju Jaya sudah melaksanakan kegiatan untuk metode 3-R tersebut.

Hasil dari proses 3-R adalah berupa kompos dan produk kerajinan tangan berbahan bekas. Sampah organik yang dipisahkan dari sampah anorganik menjadi bahan baku untuk pembuatan kompos. Permasalahan mitra yang didapat dari hasil observasi dan wawancara dengan mitra adalah belum adanya usaha untuk melakukan diversifikasi produk yang dapat dijual untuk meningkatkan hasil dari TPS.

Hal ini karena ketidaktahuan kalau lindi dari proses pengomposan bisa digunakan sebagai pupuk cair. Selama ini lindi hanya terbuang saja kelingkungan, dan dapat menimbulkan kerusakan pada lingkungan Selain itu pemasaran produk kompos belum optimal. Pemasaran hanya terbatas pada permintaan pelanggan tertentu saja yaitu instansi yang terkait.

Melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) yang diketuai Dr. Ir. Eka Sri Yusmartini, M.T., dengan anggota Dr. Eng. Mardwita S.T., M.T., dan Innike Abdillah Fahmi, S.P., Si., untuk mengatasi permasalahan tersebut tim mengusulkan untuk 1) membuat alat penampung lindi dan komposter untuk mengolah lindi menjadi pupuk cair sehingga ada diversifikasi produk, yang selama ini hanya berupa kompos saja 2) Pendampingan proses produksi lindi menjadi pupuk cair 3) mendesain dan membuat label untuk kemasan pupuk cair 4) Pendampingan pembuatan web untuk memasarkan produk pupuk cair dan juga kompos berbasis online.

Dr. Ir. Eka Sri Yusmartini, M.T., mengungkapkan bahwa dengan dilakukannya hal tersebut, diharapkan berdampak pada peningkatan produktivitas pada mitra sehingga diversifikasi produk akan meningkatkan penghasilan mitra dan akhirnya dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat.

“Hasil yang didapat dari kegiatan ini: 1) Tersedianya meja penampung lindi dan komposter 2) tersedianya label pupuk cair 3)meningkatnya produktivitas mitra dengan diversifikasi produk 4) tersedianya akun online untuk pemasaran berbasis online” ungkapnya.

(Rzp/riil)

Pos terkait