Perdalam Ilmu Farmasi Lewat Seminar Nasional

Oleh Klikampera pada Senin, 5 November 2018 19:43 WIB
Seminar nasional dan workshop Himpunan Keluarga Mahasiswa Farmasi (HKMF) Unsri di Ballroom Hotel Santika Primiere
  • Whatsapp

Palembang, klikampera.com – Wawasan soal dunia kefarmasian tampaknya tak bisa hanya dikupas dalam bangku kuliah. Keterbatasan ruang dan waktu kadang membuat mahasiswa tak maksimal mencerna secara detail tentang kefarmasian.

Termasuk soal bagaimana teknik bagaimana menjamin mutu produk obat, kosmetik dan makanan yang benar-benar baik dan sehat.

Demikian konsep seminar nasional yang digagas oleh Himpunan Keluarga Mahasiswa Kefarmasian (HKMK) Universitas Sriwijaya dalam seminar nasional dan wokrshop yang digelar di Ballroom Hotel Santika Primiere, Minggu (4/11/2018).

Dan menariknya, kegiatan ini juga sekaligus melounching Pengurus IKA Farmasi Unsri yang langsung diresmikan oleh Ketua IKA Unsri Agung Firman Sampurna.

“Setiap tahun kita terus mengangkat isu-isu yang penting untuk dibahas lebih dalam. Dan ini adalah tahun keempat dari keempat seminar dan workshop nasional. Dan isu tahun ini tentang penjaminan produk obat, kosmatik dan makanan dalam aspek farmasi,”ujar Ketua HKMK Muhammad Soleh disela-sela acara.

Lanjutnya, dirinya mencontohkan soal Visotin DS yang ditarik dari pasaran sebetulnya bukan obatnya tapi cangkangnya yang mengandung zat dari babi. Dan beberapa kasus lain yang diangkat melalui seminar dan workshop.

“Beda dengan saat diperkuliahan, karena di seminar dan workshop ini lebih detail dan diikuti demo bagaimana obat, kosmetik dan makanan itu baik, jadi dari awal dikupas. Kalau dikuliah semua zat dicampur lalu dikaji,” jelasnya.

Sementara itu dikatakan Ketua Pelaksana Seminar Nasional dan Workshop M Adrizal Arsyad Syam mengatakan bahwa kegiatan ini tak hanya diikuti oleh 500 peserta dari mahasiswa farmasi Unsri tapi juga dari mahasiswa lain di Sumsel.

“Bahkan ada juga dari umum, keprofesional baik itu dari Sumsel maupun ada juga dari Jambi, Padang, Riau, Jakarta dan Jogja,” jelasnya.

Kegiatan ini menarik lantaran menghadirkan berbagai narasumber berkompeten salah satunya Dra Indriaty Tubagus, Apt, M.Kes., yang merupakan Direktur Inspeksi dan Sertifikat Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen dan para pakar farmasi lain.

 

Wartawan: Anggra
Editor: Rianza

Pos terkait