Pidato Rektor Pada Milad Ke 40 Universitas Muhammadiyah Palembang

oleh -76 views
Sidang Senat Khusus Terbuka dengan Acara Pidato Ilmiah dalam Rangka Milad Ke-40 Tahun Universitas Muhammadiyah Palembang, Sabtu (15/6/2019)

Palembang, klikampera.com – Universitas Muhammadiyah Palembang yang didirikan tanggal 15 Junil 1979, kini berusia 40 tahun. Puncak peringatan milad ke-40 Universitas Muhammadiyah Palembang dilakukan dalam Sidang Senat Khusus Terbuka dengan Acara Pidato Ilmiah dalam Rangka Milad Ke-40 Tahun Universitas Muhammadiyah Palembang, Sabtu (15/6/2019).

Pidato Rektor dalam milad ke 40 UMPalembang

Agenda tahunan ini dibuka oleh Ketua Senat Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang), Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., yang dihadiri pimpinan UMPalembang, para dekan, para ketua lembaga, para guru besar, dosen dan mahasiswa, serta unsur FKPD Provinsi Sumatera Selatan.

Turut hadir juga Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H., M.M., Ketua PWM Sumsel Prof. Dr. H. Romli SA, M.Ag., Ketua L2Dikti Wilayah II Prof. Dr. Slamet Widodo, M.S., Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. Lyncolin Arsyad, P.hD., Ketua Kopertais Wilayah VII Prof. Sirozi, P.hD., Senat Universitas, dan Pidato Ilmiah Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. Haedar Nashir, M.Si.

Dalam pidatonya, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menyampaikan bahwa dalam upaya mewujudkan visinya, pilar utama yang harus diperkuat adalah pembangunan sumber daya manusia dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“UMPalembang haruslah menjadi motor utama dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan menjadi pusat inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini sejalan dengan Rencana Strategis UMPalembang tahun 2015-2019 untuk menjadi Universitas unggul dan berdaya saing nasional menuju standar Internasional” jelasnya.

Kemudian, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., mengungkapkan, pada tahun 2018 ini, Universitas Muhammadiyah Palembang memiliki 461 Dosen dengan komposisi 2 orang memiliki jabatan Guru Besar, dan lompatan yang cukup besar terjadi pada jumlah dosen berkualifikasi S3 dimana pada tahun 2018 terdapat 61 orang.

Kemudian pada tahun 2015 jumlah publikasi Universitas Muhammadiyah Palembang tercatat sebanyak 223 Publikasi, kemudian meningkat menjadi 5432 Publikasi di tahun 2018, dengan total sitasi sebanyak 1676, dalam aspek sitasi pun Universitas Muhammadiyah Palembang telah melewati dari jumlah yang ditargetkan oleh Kementerian Ristek Dikti.

“September 2018, untuk pertama kalinya Universitas Muhammadiyah Palembang berhasil meraih akreditasi unggul (A) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yaitu program studi pendidikan sejarah di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan ,pada bulan April 2019 menyusul program studi Manajemen di fakultas ekonomi dan bisnis juga berhasil meraih Akreditasi A (unggul) dari Badan Akreditasi nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT)” ungkapnya.

“Bahkan saat ini tengah diajukan re-akreditasi 10 program studi yang di proyeksikan untuk mendapatkan akreditasi unggul (A), dan Tahun 2019 ini telah selesai di bangun gedung baru dengan 4 lantai, di Kampus B dengan luas 5900 m2. Gedung tersebut dipergunakan Fakultas Kedokteran sebagai sarana perkuliahan. Selanjutnya telah dilakukan peletakan batu pertama tanda di mulainya pembangunan gedung perkuliahan 5 lantai pada tanggal 24 April 2019 dengan biaya sekitar 24 milyar rupiah, yang direncanakan siap dipergunakan pada tahun 2020 yang akan datang” tambahnya.