Pjs Walikota Palembang Apresiasi Kompetisi Guru

oleh -110 views

Palembang, Klikampera.com – Pemerintah Kota Palembang mengapresiasi atas kompetisi guru dari berbagai jenjang yang digekar dalam rangka meningkatkan kualitas pendidik di Kota Palembang.

Benar saja, Dinas Pendidikan (Disdik) kota Palembang menggelar proses tahapan seleksi berprestasi ditingkat Kepala TK, SD, SMP dan Pengawas. Terdapat 61 peserta mengikuti proses seleksi di kota Palembang.

Pasalnya bagi pemenang juara 1, 2 dan 3, akan mendapatkan sebuah pembinaan yang mewakili ketingkat Provinsi, serta mendapatkan studi banding ke Negera Malaysia.

Diketahui kegiatan pemilihan dilakukan selama 3 hari mulai dari 14 sampai 16 Mei, dimana pelaksanaan digelar dalam aula Yayasan Al Azhar Cairo Palembang, Senin (14/5/2018).

Pjs Walikota Palembang Akhmad Najib mengatakan dirinya mengapresiasi kepada pihak Dinas Pendididikan (Disdik) kota Palembang maupun Kepala TK, SD dan SMP maupun pengawas.

Sebab banyak sekali prestasi yang bisa dilihat dari Kepala Sekolah dan Pengawas, makanya dengan diadakan lomba mereka dapat bersaing secara kompeten, dan juga memberikan motivasi kepada para Kepala sekolah dan pengawas di kota Palembang.

“Ya, kita melihat untuk pemenang sendiri mereka diberikan reward khusus, baik itu uang pembinaan, lalu menjadi perwakilan kota Palembang ke tingkat Provinsi dan dapat studi banding ke Negara Malaysia,” katanya.

Sementara, Kepala Disdik kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan kegiatana ini merupakan seleksi yang diikuti dari TK, SD dan SMP kota Palembang, tentu saja seleksi berprestasi kegiatan dilakukan berkelanjutan setiap tahun. “Makanya kami menyiapkan beberapa panitia yang berpengalaman, diantaranya dari Disdik kota Palembang, Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah, Pemerhati Pendidikan dan Alumni pemenang pertama tahun 2017,” katanya.

Lanjutnya, untuk peserta sendiri terdapat 61 orang, yakni Kepala TK ada 16 orang, SD sda 18 orang, SMP ada 17 orang, pengawas SD ada 5 orang dan SMP ada 5 orang. “Ya, mereka ini juga akan diseleksi beberapa aspek, pertama Kompetensi tertulis 15 %, kedua presentasi/kinerja dan etos kerja (portofolio) 60 %, dan ketiga karakter mulia 25 %. Kita harap mereka terpilih bisa mengharumkan Kota Palembang, baik di provinsi maupun nasional,” jelasnya.

Dalam reward sendiri, biaya menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kota Palembang melalui Disdik kota Palembang. Juara 1 dapat uang pembinaan Rp 2,5 juta, juara 2 dalat Rp 2 juta, dan juara dapat Rp 1,5 juta. Lalu juara 1, 2 dan 3 setiap masing jenjang akan diikuti untuk studi banding ke Malaysia.

“Khusus mereka yang dapat reward kita bukan untuk jalan-jalan, mereka studi kesana harus melihat cara pendidikan dan metode pembelajaran yang ada di Sekolah Negara Malaysia, sehingga mereka bisa menerapkan cara pendidikan ke kota Palembang,” pungkasnya. (SGR)