Polda Sumsel Jamin Keamanan Saat Asian Games di Palembang

oleh -98 views

Sumatera Selatan, Klikampera.com – Pagelaran terakbar di Asia akan segera berlangsung tak sampai dua bulan lagi. Menanggapi hal ini, Direktorat lalu lintas Palembang sebagai penanggung jawab keamanan, ketertiban dan kelancaran lantas, menjamin Asian Games 2018 akan berjalan lancar.

Selain menjamin keselamatan serta keamanan saat event berlangsung, Dirlantas Sumsel pun akan terus mengadakan giat tambahan, baik dalam rangka wisata air maupun wisata darat.

Dikatakan langsung oleh Direktur Ditlantas Polda Sumsel M Taslim CH, rangkaian susunan rencana pengamanan telah dibentuk untuk menjaga kerawanan prediksi terburuk di lapangan, seperti masalah kemacetan atau hal lain yang belum bisa dipastikan.

“Kita sudah menyusun rencana pengamanan, dengan prediksi kerawanan terburuk sekalipun (LRT macet/ trouble) dan melibatkan personel sekitar 1085 orang yang dibagi dalam 5 satgas,”ujarnya, Selasa (3/7/2018).

Bagian keamanan terbagi atas satgas pam route, satgas pam LRT, satgas pam kantong parkir, satgas pam wal atlit dan satgas pengawalan officer serta satgas pam wal VIP/ VVIP. Dimana setiap pengamanan melibatkan ratusan kendaraan R4 dan R2, sebagai pengawalan.

“Keamanan harus benar-benar tertib, secara teknis, kami akan membagi jalan dalam empat penggal jalan, dimana masing-masing penggal jalan akan di kendalikan oleh seorang perwira pengendali. Kemudian untuk mengcover pengamanan dan pengawalan, kita siapkan sebanyak tiga posko.”tambahnya

Jumlah posko terbagi tersebut berada dititik lokasi bandara, ditlantas dan pastinya di Jakabaring Sport City (JSC).

Lanjut, Taslim mengatakan untuk tindakan kemanan pam terhadap atlit atau officer, akan disipakan satu unit R4 dan dua unit R2 bagi setiap negara.

“Setiap negara ada keamanan masing-masing, namun jika ada kekurangan kendaraan pengawalan, maka kita akan minta bantuan Korps lantas dan Polda terdekat, dari Lampung, Bengkulu, Jambi dan riau. Sementara untuk VIP/VVIP akan bersifat tentativ, sesuai permintaan.”jelas dia.

Meski Ditlantas telah banyak menyiapkan anggota, Taslim pun berharap masyarakat dan pemerintah juga harus saling bersinergi agar kelangsungan Asian Games berjalan sukses.

“Yang juga penting, yaitu mendapatkan dukungan masyarakat luas, atas terkait kemungkinan kendala. Sebab belajar dari pelaksanaan Sea Games beberapa waktu lalu, dimana ada beberapa negara yang menjadikan kendala di jalan sebagai alasan kekalahan (mereka protes), maka ditlantas menyusun SOP tehnis begini, demi menjaga apabila terjadi kecelakaan yang melibatkan rombongan atlit,”pungkasnya. (SGR)