Porkot Hampir Rampung, Ini Pesan Pimpinan KONI Palembang

Oleh Klikampera pada Jumat, 16 November 2018 14:29 WIB
Pengalungan medali Porkot X di cabang olahraga futsal di Lapangan Futsal OPI Mall

Palembang, klikampera.com – Perhelatan olahraga terbesar level Palembang, Pekan Olahraga Kota (Porkot) X yang digelar oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Palembang pada 11-18 November 2018 hampir rampung.

Benar saja, dari 17 cabang olahraga hanya menyisakan enam cabang olahraga yang terus berkompetisi untuk memenangkan kontingennya masing-masing.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Palembang Ir Suparman Romans menegaskan bahwa peraih medali emas pada Pekan Olahraga Kota (Porkot) X pada 11-18 November 2018 bukan keputusan final akan langsung dipilih menjadi delegasi Palembang di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII di Prabumulih 2019 mendatang.

Benar saja, Porprov XII di Prabumulih 2019 mendatang menjadi target ke 11 kali juara umum yang bakal Palembang bidik sehingga menjadi leadhing sport city di Sumsel.

“Jadi memang bagi atlet yang juara di Porkot bukan final yang akan mewakili Palembang di Porprov tahun depan. Namun, pemilik juara akan berpeluang besar menjadi wakil Palembang di Porprov,”ujar Ketua Umum KONI Palembang Ir Suparman Romans, Jumat (16’11/2018).

Lanjut Suparman, bahwa ajang Porkot X yang digelar pekan ini mempertandingkan 17 cabang olahraga. Sementara di Porprov tahun depan diperlombakan sekitar 30 cabang olahraga. Sehingga masih ada cabang olahraga yang perlu ditingkatkan pembinaannya.

“Makanya sisa cabang olahraga di Porkot yang tak dipertandingkan akan digelar seleksi sesuai dengan pengurus cabang olahraga masing-masing dengan mengambil yang terbaik,”jelasnya.

Sementara dari 17 cabang olahraga yang dipertandingkan di Porkot maka akan dikawal oleh tim Talent Scouting yang mengumpulkan data para juara pemilik medali emas dari 17 cabang olahraga mewakili para kontingennya.

“Nah, itu nanti kita evaluasi setelah Porkot. Ada yang tidak ikut di Porkot tapi kita lihat sangat potensial, maka berdasarkan pertimbangan kita turunkan di Porprov begitu juga hasil Porkot kita semua evaluasi. Yang jelas, kita akan pilih yang benar-benar andalan untuk di ajang Porprov tahun depan untuk mempertahankan pososi juara umum,”terangnya.

Sementara itu, dua hari jelang penutupan ajang Porkot X di Palembang, Kontingen Alang-Alang Lebar berhasil memimpin klasmen dengan mengumpulkan 29 keping emas, 11 perak dan 17 perunggu.

Sementara diposisi kedua jauh dengan mengantongi 14 emas, 19 perak dan 17 perunggu. Sedangkan tiga besar masih kokoh dari kemarin diisi oleh Ilir barat 1 dengan perolehan 12 emas, 14 perak dan 22 perunggu.

“Sedangkan posisi terakhir, ada Kertapati dengan harus semangat memperoleh 2 perunggu,” ujarnya.

Lanjut dia, dari 17 cabang olahraga (cabor), 11 cabor sudah tuntas digelar dan menyusul 6 cabor lainnya yang akan selesai sebelum penutupan resmi pada Minggu mendatang.

“Mudah-mudahan bisa selesai hingga Sabtu nanti, ada panjat tening, menembak, tenis meja, pencak solat, bola basket dan sepakbola,” jelasnya.

Wartawan: Anggra
Editor: Rianza

Pos terkait