Presiden Apresiasi Dukungan MUI dan Ormas Islam dalam Cegah Covid-19

Oleh Klikampera pada Selasa, 19 Mei 2020 13:23 WIB
Lambang Majelis Ulama Indonesia

Jakarta, klikampera.com – Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi dukungan Majelis Ulama Indonesia dan organisasi kemasyarakatan Islam dalam membantu mencegah penyebaran COVID-19 melalui fatwa dan imbauan-imbauannya kepada umat Muslim.

“Pemerintah menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada MUI, kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, kepada PP Muhammadiyah dan semua ormas Islam lainnya yang telah mendukung dan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19,” kata Presiden di Jakarta, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Presiden dalam pengantar Rapat Terbatas Persiapan Idul Fitri 1441 H/2020 M, yang diselenggarakan melalui video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (19/5).

Presiden juga mengatakan sangat mendukung dan mengapreasiasi adanya fatwa dan imbauan yang disampaikan kepada seluruh umat Islam di Indonesia terkait dengan peribadatan maupun amaliyah selama pandemi COVID-19, termasuk mendukung keputusan pemerintah untuk melarang mudik.

Sebelumnya MUI mengeluarkan fatwa terkait tata cara sholat Ied di rumah pada masa pandemi COVID-19.

Dua ormas Islam terbesar di Tanah Air, PBNU dan Muhammadiyah juga mengeluarkan surat edaran yang mengimbau umat Islam untuk sholat Ied di rumah guna mencegah penyebaran COVID-19.

(Ant/riil)

Pos terkait