Progres Pembangunan Jembatan Musi VI Masih Terkendala Lahan

oleh -75 views

Palembang, klikampera.com – Pejabat Pembuat Komitmen Jembatan Musi VI Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel, Joko Saputra mengatakan, pembangunan Jembatan Musi VI hingga kini masih terkendala pembebasan lahan. Yang mana progres fisiknya sendiri baru 61.1 persen dan masih menyisahkan 39 persen lagi.

“Kami mengerjakan yang bisa dikerjakan saja seperti pengencangan baut dan pembersihan lantai. Karena lahannya belum bebas mau bagaimana lagi” ujar Joko Saputra.

Ia pun menjelaskan normal pengerjaan untuk fisik 39 persen membutuhkan waktu 3 hingga 4 bulan. Nah bisa Anda asumsikan sendiri ini sudah akhir bulan dan Asian Games tinggal hitungan bulan saja.

Untuk pengerjaan yang belum bisa dikerjakan itu pilar-pilar yang menyambungkan ke jalan utama seperti pilar I, 2, 3 (bagian Seberang Ilir) dan pilar 11 (bagian Seberang Ulu) serta abodmen satu dan dua.

“Kalau dalam waktu dekat masalah lahan ini masih belum selesai sebelum Asian Games, kami tidak bisa berkata apa-apa. Secara fisik Jembatan Musi VI ini tidak ada masalah. Jika pembebasaan lahan sudah selesai, para pekerja siap kerja kapanpun,” cetusnya.

Untuk lahan yang belum bebas ini totalnya ada puluhan rumah. Info yang didapatkan tinggal pencairan saja, namun hingga kini belum ada info lebih lanjut.

“Bahkan kami sering ditanya penduduk kapan cairnya, namun untuk masalah pembebasan lahan itu bukan wewenang kami, melainkan PPK Lahan,” ungkapnya.

Ia pun menyampaikan harapanya semoga masalah lahan ini cepat diselesaikan, sehingga para pekerja bisa langsung mengerjakannya. Untuk bahan dan alat sendiri semua sudah siap tinggal eksekusi pengerjaan saja.

Sementara itu saat dikonfirmasi PPK Pembebasan Lahan Dinas PUBMTR Sumsel, Hilmansyah mengatakan, bahwa saat ini masih menunggu dana cari untuk pembayaran ganti rugi. Untuk totalnya Rp 25 miliar. (ra)