Pupus Harapan Tak Lolos SBMPTN, Unsri Tawarkan Jalur USMB

oleh -208 views
Palembang, Klikampera.com – Usai diumumkan 9000 an peserta yang dinyatakan lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 dari total 22.000 an pendaftar, belasan ribu pun pupus harapan.
Namun pihak panitia lokal Unsri menawakan bagi yang gagal masuk Unsri lewat jalur SBMPTN bisa masuk lewat jalur  Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) yang masih dibuka hingga 8 Juli 2018 melalui registrasi pendaftaran di  www.usm.unsri.ac.id.
Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini lewat jalur USM Unsri bersama lima PTS yakni Universitas PGRI Palembang, Universitas Tridinanti Palembang, STMIK MDP, Stisipol Candradimuka, dan Universitas Indo Global Mandiri secara bersama menerima cama lewat jalur mandiri ini. Kendati demikian, Unsri hanya menyediakan kuota 30 persen lewat jalur ini.
Humas panitia lokal SBMPTN Unsri, Prof Dr Zulkifli Dahlan MSi DEA mengatakan, USMB ini sudah terlaksana sejak tahun 2017 lalu. Menurutnya akan ada efisensi dan kebersamaan sekaligus keringanan bagi calon mahasiswa.
“Kalau dulu itu namanya USM sekarang USMB karena bersama para PTS lain. Prosesnya sama saja, akan ada seleksi. Hanya saja satu calon mahasiswa bisa memilih lima prodi untuk dua perguruan tinggi. Satu perguruan tinggi maksimal dua pilihan,” ujar Zulkifli, Rabu (4/7/2018).
Ia mencontohkan, jika sudah memilih dua prodi di Unsri, maka dua dan satu lagi bisa di PGRI, Tridinanti atau UIGM. Artinya akan lebih banyak peluang untuk bisa masuk perguruan tinggi mana pun.
 “Sistem kelulusan sesuai dengan mekanisme. Persyaratannya masih sama, seperti membuka web kita di www.usm.unsri.ac.id. Disana sudah lengkap informasi terkait USMB,” jelasnya.
Ia menambahkan, pihaknya sengaja menggandeng beberapa PTS yang berkualitas dan memiliki mutu sekaligus dalam rangka pembinaan.
“Awalnya banyak PTS yang kita tawarkan bergabung tapi hanya lima PTS saja yang tahun ini ingin ikut serta USMB. Kemungkinan besar tahun depan akan banyak yang merapat,” terangnya.
Selain itu, sisi lain yang bisa diperoleh PTS yang bergabung dengan program USM Bersama ini nantinya bisa meningkatkan daya saing dari sisi minat akademik. Kelebihan lain adalah peningkatan akreditasi dan menjadi indikator peningkatan mutu terhadap setiap prodi.
“Kami harap program ini nantinya bisa lebih mendekatkan hubungan akademik PTN dan PTS. Karena memang tugas PTN itu adalah membina PTS di wilayahnya” jelasnya.
Keinginan calon mahasiswa (cama) untuk melanjutkan studi dengan masuk ke PTN tetap besar. Terbukti dari pasca pengumuman SBMPTN kemarin lusa, puluhan ribu cama yang gagal lewat jalur tes tersebut kembali bertarung di Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) 2018.
Alhasil banyak cama yang mencari tahu mekanisme pendaftaran USM lewat laman resmi Unsri. “Sempat kecewa karena tak lolos SBMPTN. Padahal saya sudah ambil bimbel khusus. Makanya saya mau mencoba kembali lewat jalur USM,” ujar salah satu cama dari SMA di Palembang yang enggan disebutkan namanya.
Tak hanya ia, beberapa temannya yang bernasib sama juga sempat patah semangat. Bagaimana tidak, dari puluhan ribu yang mendaftar tak sampai 10 persen yang lolos. “Saingannya juga berat, jadi memang harus kerja keras. Tapi ya mau bagimana lagi kalau memang belum nasib,” pungkasnya. (SGR)