Ratu Dewa Minta Lurah dan RT, Agar Kroscek Secara Masif Mana Saja Warganya yang Berhak Menerima Bantuan

Oleh Klikampera pada Rabu, 13 Mei 2020 09:42 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa

Palembang, klikampera.com – Dampak Covid-19 nampaknya kini kian memprihatinkan terbukti dengan temuan dilapangan, banyak sejumlah warga berdiri bahkan menunggu dipinggir jalan mengemis meminta bantuan berupa sembako.

Mengingat kejadian ini membuat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa angkat bicara saat di temui awak media di Rumah Dinas Walikota Palembang, bahwasanya Ratu Dewa meminta Camat untuk mengecek warganya yang turun ke jalan meminta sembako di jalan Gubernur H Bastari Jakabaring.

Hal itu menyusul temuannya pada Senin (10/5/2020) kemarin, di sepanjang jalan tersebut ada sejumlah warga yang diketahui warga Kelurahan Silaberanti Kecamatan SU I yang mengemis di sepanjang Jalan Gubernur H Bastari. Bahkan para pengemis ini ketika dijumpai merupakan warga satu RT.

“Kalau dari KTP nya setelah di kroscek ternyata satu RT di Kelurahan Silaberanti, hari ini saya minta Camat/Lurah setempat memeriksa data warganya,” kata Dewa.

Data penerima bantuan sosial (bansos) di Kota Palembang yang menerima paket sembako mencapai 49.669 kepala keluarga (KK). Namun data teranyar, warga miskin baru terdampak COVID-19 bertambah 32.967 KK. Penambahan ini di luar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Jumlah 49.669 Kepala Keluarga (KK) dari 115 KK warga miskin yang sebelumnya diumumkan, merupakan data yang belum update di luar DTKS. Setelah upgrade, ada 53 ribu KK di tahun ini dan setelah validasi serta pengecekan kriteria, yang berhak menerima sembako hanya 32.967 KK,” ungkapnya.

Ia meminta para Kelurahan dan RT kroscek secara masif yang mana saja warganya yang berhak menerima bantuan tapi belum menerima.

“Terlepas dari kriteria bantuan sosial yang pemkot berikan, kalau dia layak diberikan bantuan, kita berikan,” tandasnya.

Wartawan: M. Daud
Editor: Rianza

Pos terkait