Ratusan Mahasiswa Belajar Soal PPG

Oleh Klikampera pada Selasa, 20 November 2018 19:03 WIB
Talkshow Satu Hari Menjadi Mahasiswa PPG yang digekar BEM FKIP di Aula FKIP Unsri

Palembang, klikampera.com – Ratusan mahasiswa Universitas Sriwijaya dari berbagai jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mendadak belajar soal Program Profesi Guru.

Pasalnya, PPG menjadi ilmu wajib bagi seorang calon guru yang sengaja digagas oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP Unsri berupa Talkshow Sehari Menjadi Mahasiswa PPG di Aula FKIP Unsri belum lama ini.

“Ya, jadi sesuai amanat UU No. 14 tahun 2004 tentang Guru dan Dosen pasal 8 menyebutkan bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, setifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional,” ujar Ketua Pelaksana Talkshow Rangga Frasetiawan.

Lanjut dia, hal tersebut juga selaras dengan UU No. 12 tahun 2012 pasal 17 dan Peraturan Pemerintah No.74 tahun 2008 menjelaskan juga tentang pendidikan profesi yang harus ditempuh calon guru. Regulasi-regulasi tersebut melandasi terjadinya reformasi guru di indonesia dimana guru harus disiapkan melalui pendidikan profesi setelah program sarjana.

“Pendidikan Profesi Guru (PPG) dilaksanakan sejak 2017, dan hingga saat ini sudah ada tiga angkatan yang telah dan sedang memepuh pendidikan tersebut. Badan Eksekutif Mahasiswa keluarga Mahasiswa FKIP Universitas Sriwijaya Korwil Palembang pun menjadi inisiator untuk memperkenalkan tentang PPG ke mahasiswa-mahassiwi FKIP, khususnya FKIP Unsri dengan mengadakan kegiatan ini,” terangnya.

Berbeda dengan kegiatan talkshow lainnya yang menghadirkan narasumber yang mungkin berasal dari kalangan dosen atau yang melaksanakan PPG, BEM KM FKIP UNSRI langsung mendatangkan 9 (sembilan) narasumber yang benar-benar Mahasiswa yang sedang menempuh program PPG di FKIP UNSRI. Narasumber yang mengisi acara ini berasal dari empat program studi.

Dari Matematika adalah Tito Nurdiyanto, S.Pd., Sesi Winarni, S.Pd., dan I Gde Arry Naiswana, S.Pd., dari Bahasa Inggris adalah Riska Bella, S.Pd. dan Rani Inke Maris, S.Pd., dari Penjaskes adalah Fatria Wulan Dari, S.Pd., M.Pd., Mahdam Sayuti, S.Pd., dan Adam Subuh, S.Pd., serta dari PGSD adalah Marsum, S.Pd.

Kegiatan yang dibuka oleh Drs. M. Hadeli, M.Si selaku Koordinator PPG FKIP UNSRI memeberikan apresiasi yang tinggi kepada BEM KM FKIP Unsri Korwil Palembang yang melaksanakan kegiatan ini.

“Jadi OPG adalah program pemerintah yang mengharuskan guru memempuh pendidikan profesi. Untuk PPG dibagi menjadi 2 yaitu PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan. PPG Prajabatan ditempuh selama 1 tahun penuh dan PPG Dalam Jabatan ditempuh selama 6 bulan. Setelah PPG mereka mendapat setifikat pendidik dan gelar Gr. Oleh sebab itu mahasiswa-mahasiwi yang sedang menempuh pendidikan S-1 harus mengetahui bagaimana PPG ini diterapkan,” terang Tito Nudiyanto salah satu narasumber.

Ia berharap nantinya mahasiswa-mahasiswi FKIP Unsri yang sedang memempuh pendidikan S1 dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti program PPG setelah lulus S1.

“Dan menjadi Guru Profesional yang beradab, berilmu, adaptid, kreatid, inovatif, dan kompetitif di era MEA dan global, serta berkontribusi positif terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia,” pungkasnya.

Wartawan: Anggra
Editor: Rianza

Pos terkait