Relawan Capres 02 di Sumsel Desak Jokowi Segara Cuti

oleh -32 views
Aksi damai yang digelar di depan kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Selatan, Jum'at (23/5) sore

Palembang, klikampera.com – Puluhan relawan pemenangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 02, Prabowo-Sandi di Sumatera Selatan mendesak Capres nomor urut 01, Joko Widodo segera cuti dari jabatannya.

Hal demikian disampaikan pada aksi damai yang digelar di depan kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Selatan, Jum’at (23/5) sore.

“Bahkan pihak petahana belum melaksanakn cuti sesuai dengan PP Nomor 32 tahun 2018 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo,” Ujar Koordinator Aksi, Ruben Alkatiri saat diwawancarai usai unjuk rasa.

Ia menilai, capres nomor urut 01 secara terang-terangan telah mengangkangi aturan yang berlaku. Padahal menurutnya PP Nomor 32 tahun 2018 secara jelas menyebutkan jika petahana meju mencalonkan diri untuk priode berikutnya maka ia harus cuti dari jabatannya.

“Dan menurut PP ini, Saat melaksanakan kampanye menurut PP ini,menteri dan pejabat setingkat harus menjalankan cuti,” jelasnya

Selain itu, masa mendesak KPUD Sumsel mengambil langkah tegas dan tetap netral.

“Aksi ini dilakukan untuk mendorong KPU dan Bawaslu untuk bertindak tegas dan netralitas dalam menjaga demokrasi dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”terangnya

Aksi damai ini ditanggapi olehketua KPU Sumsel Kelly Mariana, mengungkapkan KPU bekerja secara hirearki menyelenggarakan Pemilu dengan netral sesuai dengan UU yang berlaku.

“Dalam hal ini, KPU memiliki asas mandiri, jujur, adil, mengutamakan kepentingan umum, dan akuntabel,” tegasnya.

Lanjut Kelly, kalau untuk cutinya Capres 01 dirinya belum bisa mengambil keputusan, karena itu wewenang KPU RI.

“Kita tidak bisa ambil keputusan, akan tetapi kita akan sampaikan kepada KPU RI terkait tuntutan ini,” tutupnya.

Wartawan: Widarman
Editor: Rianza

Baca:  Hadiri Pernikahan Putri Rois Suriyah PWNU Jakarta, Sandiaga Minta Restu KH Mahfudz Asirun

-->