Sabtu Api Obor Asian Games Bakal Diarak di Bumi Sriwijaya

Oleh Klikampera pada Kamis, 2 Agustus 2018 14:46 WIB
Ketua Deputi 1 Panitia Daerah Asian Games Akhmad Yusuf Wibowo

Palembang, klikampera.com – Api obor Asian Games dijadwalkan besok Jumat (3/8/2018) akan tiba di Kota Palembang dan mendarat di Bandaran Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada pukul 20.00 malam setelah take off dari Jambi.

Keesokan harinya, pada Sabtu (4/8/2018) api obor akan diarak keliling ke Bumi Sriwijaya di sejumlah jalan dan titik penting.

Ketua Deputi I Panitia Daerah Asian Games H Akhmad Yusuf Wibowo, Kamis (2/8/2018). “Pada 3 Agustus obor tiba di Palembang dari Jambi. Menginap satu malam,l dan 4 Agustus baru mulai diarak,”ujar Yusuf.

Pria yang juga Ketua Deputi I Panitia Daerah Asian Games tersebut menambahkan pada rangkaian penyambutan kirab obor tersebut melibatkan berbagai kalangan dan praktisi. Mulai dari Gubernur Sumsel, Kapolda, Pangdam II Sriwijaya, atlet NPC Sumsel hingga duta api obor Mikha Tamboyang dan Dian Sastro Wardoyo.

Rute arak-arakan akan dimulai dari Kompleks JSC Palembang pada 4 Agustus 2018 setelah sebelumnya menginap semalam kemudian disambut secara resmi oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin yang sebelumnya.

“Pada 4 Agustus itu, obor akan dibawa ke JSC Palembang melalui pesawat Hercules dibawa langsung 51 penerjun payung dari TNI AU menuju titik tumpu landing start pertama Jakabaring sport city,”tambah Yusuf.

Setelah upacara seremony, obor akan dibawa lari menuju Jalan Sudirman oleh Gubernur Sumsel, dilanjutkan Kapolda Sumsel, Pangdam II Sriwijaya sepanjang 100 meter setiap orangnya.

Rute arakan yang sudah dipersiapan yakni, mulai dari Plaza Jakabaring, melewati lokasi penting Palembanh, seperti jembatan ampera, menuju jalan Merdelka, lewati Palembang sport Conention center (PSCC), Jalan angkatan 45, kawasan Basuki Rahmat, jalan AKBP cek Agus, jalan dr M Isa, Jalan veteran, dan finis di pelataran Benteng Kuto Besak.

“Dalam kirab kita juga akan libatkan sekitar 5 atlet unggulan Sumsel. Seperti Rio Maholtra, Niputu Desi, Rian Sazali, Jauhari Johan dan Ketua Umum NPC Sumsel Ryan Yohwari serta Duta obor Asian Games Mikha Tamboyang dan Dian Sastrowardoyo,” terangnya.

Usai arak-arakan hingga sore hari, kirab obor akan diserahkan ke Walikota Palembang dan menginap pada malam Sabtu untuk kemudian pada keesokan harinya pada hari Sabtu, kembali diarak oleh rombongan Pemerintah Kota Palembang. Mulai dari sungai musi, kemudian Pulau Kemarau, Kampung Almunawar dan titik penting di Palembang.

“Setelah usai, api obor akan kembali melanjutkan perjalanan menuju Banyuasin, muba pali, prabu, OI, OKI dan menuju Jakarta melalui jalan darat,”pungkasnya.

Muba dan Banyuasin dipilih karena dia kabupaten ini merupakan dua kabupaten terdekat di Sumsel. Sementara OKI dan OI adalah dua kabupaten yang akan dilalui rombongan arakan sebelun menujuke prov Lampung dan provinsi lain sebelum berakhir di Jakarta (17/8/2010),” jelasnya.

 

Wartawan: Sugiarto
Editor: Rianza

Pos terkait