Sambut Bulan Haji, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang Gelar Pengajian Bulanan

Oleh Klikampera pada Jumat, 3 Juli 2020 13:22 WIB

Palembang, klikampera.com – Dalam menyambut bulan haji/qurban, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar pengajian bulan bagi pimpinan, dosen, dan karyawan.

Pengajian tersebut mengangkat tema “Menggali Semangat Berkurban di Bulan Haji” dengan narasumber Dr. H. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I., Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan.

Dalam materinya, Dr. H. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I., menyampaikan bahwa, ibadah qurban sarat makna dan nilai, sehingga menjadi ibadah yang khas dalam islam, dimana hanya keimanan dan ketulusan yang mampu mengantarkan seorang hamba menunaikan ibadah sunah ini. Semangat itulah yang setidaknya yang harus dihadirkan oleh orang-orang islam dan beriman untuk selalu ditingkatkan dalam meraih keridhoan Allah SWT.

“Bukan daging dan darah hewan qurban saja yang akan sampai pahalanya disisi Allah SWT, namun manifestasi ketaqwaan yang selalu hadir dalam setiap momentum kebaikan dan amal shaleh yang semakin meninggikan derajat manusia disisi Allah SWT” ulasnya.

Ia melanjutkan, dalam ibadah qurban juga terdapat keutamaan yakni, pertama adalah qurban merupakan pintu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sungguh ibadah qurban adalah salah satu pintu terbaik dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagaimana halnya ibadah shalat. Ia menjadi media taqwa seseorang hamba.

Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan ini melanjutkan bahwa keutamaan yang ke-2 adalah sebagai bentuk kepatuhan dan ketaatan kepada Allah SWT. Ketiga menjadi saksi amal ibadah dihadapan Allah SWT.

“Keempat yaitu membedakan dengan orang kafir, kelima menghidupkan sunah nabi Ibrahi AS, dan keenam yaitu ibadah yang memiliki nilai dimensi sosial ekonomi” tambahnya.

Editor: Rianza

Pos terkait