Sambut Idul Adha 1441 H, Universitas Muhammadiyah Palembang Gelar Pengajian

Oleh Klikampera pada Selasa, 14 Juli 2020 16:51 WIB
AIK Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar pengajian dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Selasa (14/7/2020)

Palembang, klikampera.com – Lembaga Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar pengajian dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Selasa (14/7/2020).

Pengajian tersebut diikuti Wakil Rektor, Kepala Biro, Kepala Lembaga, dan Pegawai di lingkungan Kantor Pusat Administrasi Universitas Muhammadiyah Palembang, dengan narasumber Andriyanto, M.Pd.I., yang mengangkat tema “Hikmah Idul Adha dan Ibadah Qurban”.

Dalam materinya, Andriyanto, M.Pd.I., menyampaikan bahwa, hikmah Idul Adha saling berbagi rizki, karena pada hari raya ini, umat muslim yang mampu akan membeli dan menyerahkan hewan kurban kepada masjid terdekat atau kepada kaum dhuafa yang membutuhkan. Hal ini menjadi momentum yang baik dimana setiap muslim bisa saling berbagi, saling membantu, dan saling berbagi rezeki, lewat hewan kurban yang dibagikan tersebut.

Selanjutnya ikhlas dalam semua cobaan, berkurban jadi jalan ketaqwaan karena Jika sebelumnya kita merasa kesulitan untuk memiliki ketaqwaan tinggi kepada Allah SWT, seperti sulit meninggalkan larangan-Nya, dan merasa hati gundah gelisah karena sering kali meninggalkan perintah-Nya. Karena itu, pada hari raya idul adha memberi keutamaan untuk menghadapi permasalahan tersebut yaitu dengan cara memberikan kebahagian sesama saudara muslim dengan membantu para al fuqoro dan orang orang yang kurang mampu.

Andriyanto, M.Pd.I., menambahkan bahwa hikmah berqurban bebagai ungkapan syukur kepada Allah yang telah memberikan ni’mat yang banyak kepada kita, bagi orang yang beriman kepada Allah, dapat mengambil pelajaran dari keluarga nabi Ibrahim As, sebagai realisasi ketaqwaan seseorang kepada Allah SWT, dan Membangun kesadaran tentang kepedulian terhadap sesama, terutama terhadap orang miskin.

Editor: Rianza

Pos terkait