Satu-Satunya PTS di Sumsel, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Lolos PIMNAS 2019

Oleh Klikampera pada Kamis, 1 Agustus 2019 13:40 WIB
Rektor UMPalembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menerima Tim PKM PIMNAS 2019 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Whatsapp

Palembang, klikampera.com – Mahasiswa merupakan salah satu aset bagi bangsa kita, potensi yang begitu besar perlu dikembangkan dan digali dari segi kreativitas yang dimiliki. Dengan begitu diperlukan forum kompetisi kreativitas ilmiah diantara mahasiswa atau kelompok mahasiswa untuk menujukkan kreativitas mereka.

Salah satunya adalah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal oleh perguruan tinggi dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa.

Forum ini memberikan peluang kepada mahasiswa untuk unjuk gigi sebuah karya kreatif dan inovatif baik berupa presentasi, lomba poster dan gelar produk. Semua kreativitas yang sudah dituangkan selanjutnya bisa diperlihatkan kepada masyarakat luas.

PIMNAS ke-32 tahun 2019 ini akan berlangsung pada 27 – 31 Agustus 2019 di Universitas Udayana Jl. Raya Kampus UNUD, Kampus Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali. Tercatat ratusan tim yang akan mengikuti PIMNAS 2019 ini, baik dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

Dengan judul “SERGAPO (Sol Sepatu Organik Anti Bau dan Hipoalergenik) Pemanfaatan Kekuatan Nutrisi dari Ekstra Daun Jeruk Purut, Garam, serta Essential Oil untuk Kesehatan Telapak Kaki”. Tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang, yang beranggotakan Helen Okti Marantika, Arika Shafa Nabila, Maulidiyah Tasya Salsabila, dan Tarissa Rahma Dini berhasil lolos dan menjadi bagian tim peserta PIMNAS tahun 2019 di Universitas Udayana.

“Senang rasanya bisa lolos PIMNAS, dan membawa nama besar Universitas Muhammadiyah Palembang dikancah pekan ilmiah nasional karena Tim PKM PIMNAS Universitas Muhammadiyah Palembang satu-satunya PTS di Provinsi Sumsel yang lolos ke PIMNAS 2019”, ujar ketua Tim Helen Okti Marantika.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran semester 4 ini juga menjelaskan bahwa ide membuat SERGAPO ini dihasilkan dari ide sesama teman yang hobi memakai sepatu yang resah dengan baunya jika dipergunakan dengan aktivitas yang tinggi. Dari keresahan tersebut, dimulai coba-coba mencari solusinya dan akhirnya sukses menang menuju PIMNAS tahun 2019.

“Lulusnya produk kami di PIMNAS 2019 ini, juga berkat dukungan dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang, walaupun dengan jadwal perkuliahan yang padat, kami mampu menyelesaikan produk SERGAPO ini” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., mengucapkan selamat dan sukses kepada Helen Okti Marantika, Arika Shafa Nabila, Maulidiyah Tasya Salsabila, dan Tarissa Rahma. “Semoga prestasi ini memotivasi mahasiswa yang lain” tambahnya.

Editor: Rianza

Pos terkait