Sebagai Rumah Sakit Rujukan Pemerintah, RS BARI Permudah Pelayanan Kesehatan Masyarakat

oleh -70 views
Direktur RSUD Bari Kota Palembang dr. Hj. Makiani, S.H., M.M., MARS.

Palembang, klikampera.com – Pemerintah Kota Palembang terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah RSUD Bari siap menerima atau menampung semua pasien rujukan dari seluruh puskesmas yang ada di Kota Palembang.

Direktur RSUD Bari Kota Palembang dr. Hj. Makiani, S.H., M.M., MARS., mengatakan setelah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan yang ada di Kota Palembang, RSUD Bari siap memberikan pelayanan terbaik bagi kesehatan masyarakat Kota Palembang tentunya.

“Untuk itu kami sebagai RS rujukan bagi masyarakat Kota Palembang akan terus berupaya memberikan hal yang terbaik bagi masyarakat, baik itu dalam urusan administrasi terkait jaminan kesehatan RS. BARI tidak akan mempersulit masyarakat dalam urusan administrasi,” ujar makiani saat dijumpai awak media diruang kerjanya, di RS BARI Palembang, Jum’at (12/7/19).

Sementara itu, Kepala Bagian Rekam Medik dan SIMRS dr Dessy Affrianty P. MARS menambahkan, terkait pelayanan rujukan bagi masyarakat yang ditunjuk langsung oleh pemerintah RS Bari sebetulnya sudah melaksanakan pada Bulan Januari sebelum diputuskannya secara langsung oleh pemerintah Kota Palembang.

“Tetapi bagi para pasien – pasien yang menggunakan paskes Jamsoskes dulu itu sudah kita cover seluruhnya di RS. Bari ini, sesuai dengan pelayanan yang diberikan bagi para pasien Jamsoskes,” jelasnya.

Jadi lanjut Apriyanti mejelaskan, untuk kasus – kasus yang sifatnya rujukan yang memang tidak bisa lagi dilayani di Puskesmas itu dirawatnya bisa langsung ke RS. Bari, jadi bagi para pasien cuma bisa melengkapi beberapa syarat administrasi dengan diantaranya :


A. Pasien harus punya KTP dan KK yang berdonmolisi di Palembang
B. Surat keterangan dari Lurah dengan cacatatan tidak terjamin dari
asuransi manapun serta termasuk keluarga yang kurang mampu
C. Surat rujukan dari Dinas Sosial (Dinsos)
D. Surat rujukan dari puskesmas

“Disamping itu juga kami menghimbau bagi pasien yang hendak melakukan rujukan ke RS. Bari sedangkan pasien tidak bedomisili di Palembang dan menetap di Palembang RS. Bari tetap bisa melayani pasien teraebut,” ucapnya.

Pasalnya, RS. Bari juga sudah bekerjasama secara langsung dengan dinas Disdukcapil bahwasanya bagi para pasien yang bukan domisili Palembang,dapat mengurus langsung ke dinas Dukcapil dengan meminta surat keterangan KTP sementara di dinas yang terkait.

“Dalam artian kami dari pihak RS. Akan tetap melayani masyarakat Kota Palembang yang hendak membutuhkan pelayanan kesehatan di RS. Bari ini,” pungkasnya.

Wartawan : M. Daud
Editor : Rianza