Seluruh Paslon Kepala Daerah Sumsel Jalani Tes Psikologi dan Narkoba

Oleh Klikampera pada Jumat, 12 Januari 2018 02:35 WIB

Palembang, klikampera.com – Seluruh Pasangan Calon Kepala Daerah Sumsel yang mengikuti pemilihan Bupati, Walikota dan Gubernur  menjalani tes narkoba dan psikologi di Rumah Sakit Muhammad Hoesin Palembang, Kamis 11 Januari 2018.

Ketua KPU Sumsel, Aspahani mengatakan, dalam tes kesehatan ini, pasangan calon mengikuti tiga rangkaian pemeriksaan, yakni psikologi, narkoba, dan medis.

Pemeriksaan para pasangan calon sendiri, melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

“Ya, ada 39 Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) yang mengikuti tes kesehatan. Hari ini menjadi dua tes, yakni psikologi dan narkoba. Untuk medis dilaksanakan pada 12-15 Januari 2018,” katanya

Lanjutnya, Hasil seluruh pemeriksaan itu, nantinya menjadi salah satu syarat untuk menentukan diterima atau tidaknya pasangan tersebut. Untuk maju sebagai calon kepala daerah.

“Jika dinyatakan tidak lulus, seperti memakai narkoba langsung tidak lulus dan menjadi peserta Pilkada. Keputusan tim dokter bersifat final, tidak ada pembanding dengan dokter lain,” pungkasnya

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Kepala Daerah yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatera Selatan, Rizal Sanif, menambahkan, dalam pemeriksaan tersebut melibatkan 30 dokter spesialis. Para dokter sendiri, terdiri dari beberapa spesialis, yakni spesialis penyakit dalam, spesialis jantung, spesialis THT, mata, gigi, syaraf dan sebagainya.

“Jika satu saja dalam tiga tes yang diikuti dinyatakan bermasalah, jelas tidak memenuhi syarat,” katanya

Salah satu bakal calon Walikota Palembang M Akbar Alfaro mengaku, selama lima jam menjalani tes psikologi dari pukul 07.00WIB hingga 11.00 Wib dikerjakan secara teliti dan tanpa ragu.

“Tidak ada persiapan khusus, hanya butuh istirahat saja dan jaga kondisi badan,”ujarnya usai menjalani test kesehatan di RSMH Palembang Kamis (11/1).

Sebanyak 10 daerah di Sumsel mengikuti pemilihan. Yakni, Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumsel, Pemilihan Walikota/Walikota (Pilwakot) Palembang, Pilwakot Lubuklinggau, Pilwakot Pagaralam, Pilwakot Prabumulih, Pemilihan Bupati (Pilbup) Banyuasin, Pilbup Lahat, Pilbup Empat Lawang, Pilbup Ogan Komering Ilir, dan Pilbup Muara Enim.

Pos terkait