Seminar Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bagi Pelaku UMKM Kota Medan

oleh -13 views
Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si., membuka Seminar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi pelaku UMKM Kota Medan di Garuda Plaza Hotel Medan, Kamis (28/2)

Medan, klikampera.com – Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si., membuka Seminar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi pelaku UMKM Kota Medan di Garuda Plaza Hotel Medan, Kamis (28/2).

Seminar dengan tema, ‘’Meningkatkan Daya Saing UMKM Melalui Inovasi dan Kreatifitas’’ ini terlaksana atas dukungan Pemko Medan kepada PT Indomarco Prismatama bekerja sama dengan PT Barco dengan tujuan meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM di Kota Medan agar lebih berinovasi.

Didampingi Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan Damikrot Harahap, Wakil Wali Kota berharap seminar yang digelar mampu menjadikan para pelaku UMKM dapat lebih berinovasi dalam menghasilkan berbagai macam produk. Dengan demikian, pelaku UMKM di Kota mampu bersaing dengan para pelaku UMKM dari kota besar lainnya di Indonesia.

‘’Pemko Medan menyambut baik digelarnya seminar ini. Apalagi seminar ini menghadirkan para narasumber yang berkompeten di bidang ekonomi dan usaha sehingga diharapkan mampu memberikan ilmu dan pencerahan bagi pelaku UMKM. Melalui seminar ini, kita harapkan pelaku UMKM di Kota Medan dapat lebih meningkatkan mutu dan kualitas produk yang dihasilkan,’’ kata Wakil Wali Kota.

Kemudian Wakil Wali Kota mengingatkan kepada seluruh pelaku UMKM yang mengikuti seminar, agar yakin dan percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Sebab, keyakinan diri atas kemampuan dan keunggulan yang dimiliki setiap pelaku UMKM niscaya akan membuat mereka lebih maju dan berkembang lagi ke depannya.

‘’Kita semua terlahir dengan kemampuan dan kelebihan masing-masing. Untuk itu saya berharap pada seluruh pelaku UMKM agar tetap percaya diri dan yakin dengan kemampuan dirinya masing-masing. Jadi yakinlah bahwa kalian semua bisa maju. Semua itu dapat terwujud apabila kalian selalu fokus dan tetap konsisten terhadap apa dikerjakan. Insya Allah, usaha yang dilakukan akan melahirkan hasil yang memuaskan,’’ ungkapnya.

Di hadapan ratusan peserta seminar UMKM, Wakil Wali Kota selanjutnya mengingatkan para pelaku UMKM untuk dapat mengikuti perkembangan digital marketing.

Selain itu senantiasa mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan global sehingga harus mampu menguasai tekhnologi dan mengikuti informasi terkait perkembangan dunia ekonomi dan usaha.

‘’Perkuat kemampuan di bidang tekhnologi. Melalui teknologi, produk-produk yang dihasilkan dapat dipromosikan secara online sehingga dapat mencakup ke seluruh daerah. Jangan kita hanya kuat dalam menghasilkan berbagai produk namun masih lemah dalam mempromosikannya. Jadi perkaya diri dengan ilmu dan tekhnologi. Untuk itu saya berharap sesama pelaku UMKM mau berbagi ilmu. Jangan mau maju sendiri, tapi majulah bersama-sama karena kekuatan ekonomi bersumber dari para pelaku UMKM,’’ pesannya.

Selanjutnya menyikapi penertiban yang rutin dilakukan Satpol PP Kota Medan, Wakil Wali Kota mengatakan bahwa penertiban yang dilakukan itu bukan karena Pemko Medan anti dan benci terhadap pedagang kecil. Sebab, penertiban yang dilakukan dalam rangka melakukan penataan sekaligus penegakan peraturan. Pasalnya, para pedagang banyak yang berjualan di bahu jalan, atas trotoar dan parit.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Indomarco Prismatama Kota Medan Hargo Suseno mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan atas dukungan penuh yang diberikan kepada PT Indomarco Prismatama sehingga seminar bagi pelaku UMKM dapat terlaksana dengan baik. Dikatakan Hargo, kehadiran Wakil Wali Kota menjadi wujud kepedulian pemimpin daerah kepada para pelaku penggerak perekonomian di Kota Medan.

“Seminar ini menjadi bentuk kepedulian kami terhadap UMKM di Kota Medan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kreatifitas dalam mengelola hasil produksinya. Saat ini ada sebanyak 50 produk UMKM yang sudah bergabung dan dipasarkan di outlet-outlet Indomaret di Sumut. Semoga ke depan semakin banyak produk UMKM yang bisa kami bantu penjualan dan pemasarannya melalui outlet kami,’’ terang Hargo.

Wartawan: Syaiful
Editor: Rianza