Senator Arniza Nilawati Ajak Pelajar SMK Muhammadiyah 3 Palembang Amalkan Nilai Kebangsaan di Era New Normal

Senator Arniza Nilawati, S.E., M.M., saat menjadi narasumber Sosialisasi Empat Pilar Bersama Siswa SMK Muhammadiyah 6 Kota Palembang dengan tema "Internalisasi Nilai Kebangsaan Bagi Pelajar di Era New Normal", Minggu (11/4/2021).
  • Whatsapp

Palembang, klikampera.com – Dalam rangka internalisasi nilai kebangsaan bagi pelajar di era new normal Senator DPD RI Arniza Nilawati, S.E., M.M., adakan sosialisasi kepada siswa SMK Muhammadiyah 3 Palembang, Minggu pagi (11/04/2021) bertempat di Kantor DPD RI Provinsi Sumsel.

Arniza memandang perlu diadakan sosialisasi kebangsaan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR.

“Kita ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari khususnya di kalangan pelajar,” ujarnya.

Pendidikan menurut Arniza salah satu jalan yang ditempuh Pemerintah untuk mempertahankan karakter anak bangsa, walaupun dampak intenet juga mewabah menghantui Indonesia dengan berbagai dampak yang ditimbulkannya.

Namun, disisi lain internet adalah media yang juga dapat dimanfaatkan untuk membuat bangsa ini semakin besar dengan kemudahan dan luasnya jangkauan yang diperlihatkan sehingga memperkaya khasanah ilmu pengetahuan yang dapat meningkatkan intelektual masyarakat.

“Seiring dengan ini tentu saja pemerintah tidak akan menyampingkan dampak negatifnya, terbukti dengan ditetapkannya berbagai kebijakan penggunaan media internet dengan mempertimbangkan aspek manfaat, keilmuan dan kemudahan dengan batasan pengguna yang dinilai dari usia dan kepentingannya,” tegasnya.

Upaya pemerintah ini tetaplah harus mendapatkan dukungan dari orang tua sebagai pengawas utama penggunaan internet bagi anak-anak teruatama anak usia sekolah agar dapat bijak dimanfaatkan sesuai manfaatnya.

Pelajar sebagai generasi milenial menurut Arniza merupakan obyek utama yang harus didorong untuk tetap mengamalkan nilai luhur bangsa yang tertuang dalam dasar negara Pancasila.

“Cinta tanah air dan nasionalisme adalah salah satu karakter dasar  yang harus dimiliki oleh generasi muda seperti pelajar khususnya di SMK Muhammadiyah 3 Palembang agar tidak ada keraguan dalam membangun bangsa dan tetap bertahan menyatu dalam  Indonesia,” pungkasnya.

Arniza berharap Nilai-nilai kebangsaan harus menjadi kekuatan modal sosial yang mampu menjadi pengikat, perekat, penyambung dan pengait seluruh komponen kekuatan bangsa untuk bergotong-royong dan bersinergi untuk mengatasi masalah besar bangsa secara efisien dan efektif.

“Pancasila mampu menghasilkan energi positif seperti rasa tanggung jawab, kepedulian, kejujuran, kerja sama, solidaritas, transparansi untuk mewujudkan empati dan ikatan sosial antarmasyarakat, juga dengan pemerintah guna antisipasi dampak penyebaran Covid-19, sekaligus ekonomi dan bidang lainnya bergerak.,” tutup Arniza.

(Ant/riil)

Pos terkait