Setiap Pekerja Kontruksi Wajib didaftarkan pada BPJS Ketenagakerjaan

Oleh Klikampera pada Jumat, 22 Desember 2017 16:19 WIB

Palembang, klikampera.com – Salah satu penyumbang terbesar kecelakaan kerja di Indonesia terjadi pada sektor Konstruksi dan Manufaktur. Menanggapi hal ini BPJS Ketenagakerjaan dan Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi (LPJK) Wilaya Sumatera Selatan (Sumsel) serta bersama Pemerintah Provinsi Sumsel sepakat untuk memberikan perlindungan pada setiap pekerja konstruksi melalui BPJS Ketenagakerjaan.

“Setiap kegiatan yang menimbulkan resiko harus ada NSPK, oleh karena itu perlindungan terhadap pekerja wajib di daftarkan oleh Perusahaan ke BPJS ketenagakerjaan demi untuk melindungi juga menjamin keselamatan para pekerja,” Kata Asisten I Pemprov Sumsel, M Najib usai Rapat Koordinasi Jasa Kontruksi di Hotel Aryaduta pada kamis (21/12) Sore.

Najib Juga menjelaskan, dalam mempekerjakan pekerjanya Perusahaan juga harus melakukan uji kompetensi para pekerja untuk meminimalisir kecelakaan kerja. Menurutnya pekerja yang telah lulus kompetensi akan berdampak pada hasil kerja juga keselamatan kerja.

“Jadi perlu norma standar prosedur supaya tidak terjadi lagi kecelakaan akibat dari pekerjaan yang dilakukan para pekerja,” jelasnya.

Sementara itu kepala cabang BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Palembang, Rasidin SH mengungkapkan, sesuai Undang-undang
Perusahaan yang tidak mendaftarkan pekerjanya pada BPJS Ketenagakerjaan bisa di kenakan Saksi delapan tahun penjara dan denda satu miliar.

“Saksi ringan yakni sanksi Administratif yang diberikan oleh Pemprov namun jika berkelanjutan bisa kita pidanakan dengan penjara delapan tahun dan denda satu miliar,” Tukasnya

Pada tahun ini, Rasidin menyebutkan, setidaknya ada 21 perusahaan yang belum mendaftarkan pekerjanya pada BPJS Ketenagakerjaan dan itu telah ditangani oleh pengawas Ketenagakerjaan Sumsel.

“Kami juga menghimbau serta bekerjasama kepada para pekerja untuk melaporkan perusahaan yang belum mendaftarkan pekerjanya ke pengawas di BPJS ketenagakerjaan untuk jaminan keselamatan ,kesehatan maupun jaminan hari tua pekerja itu sendiri pungkasnya.

Pos terkait