Sidak Pasar Plaju, Wawako Palembang Temukan Produk Mengandung Zat Berbahaya

oleh -7 views
Wawako Palembang Fitrianti Agustinda menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Modern Plaju

Palembang, klikampera.com – Wakil Walikota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Modern Plaju. Di pasar ini masih ditemukan sejumlah produk pangan yang mengandung zat berbahaya.

“Ada beberapa temuan dari BBPOM, salah satunya mie yang mengandung formalin. Sidak akan dilakukan ke sejumlah pasar lainnya, sehingga masyarakat palembang merasa aman untuk berbelanja di pasar serta pasar beduk,” ujar Fitri, Selasa (14/5).

Selain menemukan bahan mengandung formalin, pada sidak tersebut juga ditemukan produk minuman yang mengandung Rhodamin B (pewarna tekstil). Produk tersebut juga sudah ditarik seluruhnya dari pedagang.

Pada sidak tersebut diketahui ada kenaikan harga pada sejumlah produk pangan namun kenaikannya tidak terlalu signifikan. Fitri mengimbau kepada seluruh pedagang untuk menjual bahan makanan yang layak dan tidak mengandung bahan berbahaya, dan harganya diharapkan tidak terlalu jauh dari harga yang ditetapkan pemerintah.

Sementara itu Kabid Penindakan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) di PalembangTedy Wirawan mengaku, pihaknya menemukan lima sampel yang mengandung boraks dan formalin.

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan penarikan bahan mengandung zat berbahaya tersebut. “Kami sudah mengantungi nama produsennya dari keterangan pedagang. Bila nanti setelah ditelusuri diketahui produsen ini sudah berulang melakukan hal yang sama maka akan dilakukan upaya penindakan,” pungkasnya.

Wartawan: Jaka
Editor: Rianza