SMAN 1 Raih Adiwiyata Mandiri Tanpa Verifikasi

Oleh Klikampera pada Sabtu, 24 November 2018 12:57 WIB
Kepala SMA Negeri 1 Palembang Nasrul Bani

Palembang, Klikampera.com – Sebagai salah satu sekolah unggulan di Sumsel, SMA Unggul Negeri 1 Palembang kembali bakal menerima penghargaan peraih Adiwiyata Mandiri 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) pada Desember 2018 mendatang.

Menariknya, SMA Negeri 1 Palembang menerima penghargaan ini tanpa verifikasi dan tes sebagaimana layaknya. Sebut saja ada senhmlah persiapan, kemudian visitasi, verifikasi dan sebagainya.

“Ya, suratnya sudah datang dari KLH. Penghargaan Adiwiyata Mandiri diberikan awal Desember nanti,”ujar Kepala SMA Unggul Negeri 1 Nasrul Bani, Sabtu (24/11/2018).

Lanjut dia, bahwa terkait penghargaan Adiwiyata Mandiri yang diperoleh tanpa ferivikasi tersebut menurutnya menjadi penghargaan baru bagi sekolah untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi anak didiknya dalam menciptakan lulusan yang benar-benar berwawasan.

“Visitasi tetap ada, tapi memang tanpa sepengetahuan kita. Jadi itu tetap dinilai, dan memang kita tahu kita penerima sekolah sehat tingkat nasional,” terangnya.

Menurutnya, skema penilaian memang tetap ada baik dari pengajuan KLH kota kemudian KLH provinsi hingga KLH RI di Jakarta. Hanya saja, penilaian dilakukan oleh KLH dan tanpa sadar oleh sekolah sedang dilakukan penilaian Adiwiyata Mandiri.

“Mudah-mudahan SMA Unggul Negeri 1 Palembang tak hanya bisa terus berprestasi untuk sekolahnya tapi juga para siswanya dan sukses dimasa mendatang,” harapnya.

Disinggung mengenai kriteria penerima sekolah adiwiyata mandiri, Nasrul mengaku sekolah harus membina soal lingkungan minimal 10 sekolah baik SD maupun SMP sebagai bentuk pembinaan dan percontohan.

“Dan kita memang ada 10 sekolah binaan, ada SMP Negeri 38 dan lainnya. Saya lupa datanya,” pungkasnya.

 

Wartawan: Anggra
Editor: Rianza

Pos terkait