SMKN 5 Palembang Kembangkan Sentral Bisnis di Sekolah

Kepala SMK Negeri 5 Palembang Zulfikri saat meninjau persiapan Sentral Bisnis Sekolah
  • Whatsapp

Palembang, klikampera.com – Program Teaching Factory (TEFA) yang dikembangkan Direktorat Kementerian Pendidikan dan Keudayaan (Kemendikbud) RI mulai diterapkan di sekolah kejuruan di Palembang. SMKN 5 Palembang misalnya, sekolah berbasis vokasi tersebut mengembangkan sentral bisnis di lingkungan sekolah.

Salah satu bidang bisnis yang akan dikembangkan sekolah berkaitan dengan pemasaran dan multimedia. Rencananya, SMKN 5 Palembang akan membangun minimarket dan jasa printing dengan branding Five Mart.

Kepala SMKN 5 Palembang Drs Zulfikri, M.Pd menjelaskan, pengembangan bisnis center sebagai upaya pengembangan kurikulum di kejuruan dengan dunia industri. Hal ini mengingat, kurikulum yang ada di sekolah harus mencerminkan keahlian yang dibutuhkan dunia industri.

“Untuk itulah, kita coba mengembangkan bisnis center dengan membangun Five Mart yang bergerak di bidang pemasaran dan jasa printing. Saat ini masih kami sempurnakan dan bisa dipastikan akhir bulan sudah bisa beroperasi,” ujarnya, Jumat (16/11/2018).

Dia menjelaskan, pengembangan sentral bisnis tersebut sebagai upaya mengimplementasikan Program Teaching Factory. Mengingat, Program TEFA sendiri merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK sesuai dengan kebutuhan di bidang industri. Program ini juga sebagai modal bagi siswa untuk menciptakan lapangan kerja.

“Salah satu langkah untuk mencapai target tersebut dengan meningkatkan kompetensi guru dengan mensinkronkan ilmu yang dimiliki dengan kebutuhan industri. Sehingga ilmu yang diperoleh bisa diberikan kepada siswa,” kata dia.

Selain mengembangkan sentral bisnis, pihaknya juga akan mengirimkan guru dengan kompetensi Multimedia dan Pemasaran. Dengan harapan, guru bisa menghasilkan produk sendiri setelah mengikuti kegiatan magang selama satu semester.

“Tantangannya kompetensi guru produktif harus sesuai dengan kebutuhan industri,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Manajemen Mutu SMKN 5 Palembang Mondyaboni mengaku sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan dalam mengembangkan sentral bisnis tersebut, salah satunya PT Paloma Shopway.

“Kami melayani bisnis online, offline serta jasa printing. Five Mart sendiri nantinya seperti gerai-gerai supermarket,” ujarnya.

Selain produk konvensional, Five Mart sendiri akan menjual hasil karya siswa SMKN 5 Palembang seperti makanan kecil atau snack. Dengan harapan, siswa yang sedang belajar di sekolah lebih semangat berkreativitas menciptakan produk yang bisa menarik masyarakat.

“Kita berharap skill yang dimiliki siswa selama belajar di sekolah sesuai dengan kebutuhan sekolah,” pungkasnya.

 

Wartawan: Anggra
Editor: Rianza

Pos terkait