Sosialisasi Hingga 6 Bulan, JSC Steril PKL Jelang Asian Games

oleh -59 views

Palembang, Klikampera.com – Pedagang kecil binaan PT Jakabaring Sport City (JSC) akhirnya dikeluarkan sementara waktu dari kompleks JSC, Senin (2/7/2018). Kebijakan yang telah disosialisasikan sejak sekitar enam bulan lalu ini merupakan aturan Inasgoc (panitia Asian Games) demi gelaran Asian Games 2018.

Corporate Secretary PT JSC Mirza Mursalin menyebutkan ada sekitar 150 pedagang kecil binaan PT JSC. Pedagang kecil selama ini dibina secara baik, salah satunya dengan memfasilitasi bantuan gerobak dan kredit dengan BNI.

Sebagai tuan rumah, JSC tuan rumah penyelenggara Asian Games aturannya mengikuti protokol olahraga dari Olympic Council of Asia (OCA) dalam hal ini Inascgoc (panitia Asian Games). “JSC ini disewa oleh Inasgoc, kita harus ikuti. Sementara ini pedagang kecil tidak berdagang dulu di dalam kompleks JSC sesuai aturan OCA dan Inasgoc,” ucap Mirza.

Menurut Mirza, kebijakan tersebut sudah tersosialisasikan dengan baik ke pedagang kecil. “Sejak 6 bulan lalu sudah sosialisasi, mereka (pedagang kecil) mengerti dan mendukung. Permintaan pedagang kecil agar keluar JSC H+7 Idul Fitri, dengan segala pertimbangan kebijakan diberikan hingga 1 Juli 2018,” jelasnya.

Para pedagang kecil ini selama berada di JSC membayar Rp 30 ribu per minggu. PT JSC selama ini memberi ruang bagi pedagang kecil, namun kebijakan OCA membuat para pedagang kecil untuk sementara waktu tidak diperbolehkan berdagang di dalam kompleks JSC.

“Kita terus sosialisasi, satu bulan lalu juga sudah. Saat itu mereka (pedagang kecil) bilang oke, makanya ada permintaan untuk perpanjangan waktu hingga H+7 Idul Fitri,” jelas Mirza.

Diakui Mirza, memang ada sejumlah pedagang kecil yang tiba-tiba protes meski telah sepakat sebelumnya. “PT JSC tetap berjuang, dan tidak mungkin menelantarkan. Kita sudah bicara ke Pemkot dan Pemprov untuk membantu, hasilnya tunggu saja,” sambungnya.

Setelah diberi pengertian, akhirnya para pedagang mulai memahami kepentingan Negara untuk gelaran Asian Games 2018 di mata internasional. Sejumlah pedagang akhirnya mengeluarkan gerobak dan barang dagangannya secara sukarela keluar kompleks JSC. (SGR)