Sumsel Dorong Kuliah Gratis di Tiga PTN Nasional Bergengsi Lulusan SMK

oleh -101 views

Sumatera Selatan, Klikampera.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan terus berkomitmen untuk menjalankan Program Sekolah Gratis (PKG). Benar saja, tak hanya dilevel Internasional di China, Singapura dan India, Sumsel juga menggulirkan PKG di tiga Perguruan Tinggi Nasional (PTN) bergengsi.

Benar saja, tahun ini Dinas Pendidikan Sumsel kembali membuka peluang bagi lulusan SMK untuk melanjutkan studi tanpa biaya mandiri.

Kepala bidang SMK Disdik Sumsel, Dra H Erlina MSi mengatakan, tiga perguruan tinggi yang dituju yakni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Politeknik TEDC Bandung dan STP Sahid Jakarta.

“Beasiswa penuh ini diperuntukkan bagi tamatan tahun 2018, 2017 dan 2016 dibuktikan dengan ijazah dan SKHUN. Sedangkan tesnya juga tertulis dan wawancara berbahasa Inggris,” ujarnya Selasa (3/7/2018).

Adapun program keahlian yang bisa diambil yakni untuk UNY ada Teknik Mekatronika, Pendidikan Teknik Boga, dan Pendidikan Tek. Busana untuk jenjang S1.

“Untuk Politeknik TEDC Bandung ada Teknik Otomasi Industri, Rekam Medis, dan Mekanik Industri dan Design dengan program magang ke Malaisya dan Jerma untuk jenjang D4/S1 Terapan bagi SMK Keteknikan dan SMA IPA,” terangnya.

Lalu untuk STP Sahid Jakarta sendiri memiliki program keahlian Perhotelan/Pariwisata dengan magang ke Jepang dan Australia bagi SMK dan SMA.

“Peserta sama sekali tidak dibebankan biaya pendaftaran. Bagi yang lolos seleksi berhak atas Uang Kuliah Tunggal dan bantuan biaya hidup,” jelasnya.

Ia menambahkan, calon peserta juga harus jeli melihat jadwal pendaftaran karena setiap perguruan tinggi berbeda. Untuk di UNY, TEDC Bandung, STP Sahid Jakarta pendaftaran dimulai dari 11 Juni sampai 20 Juli. Lalu mendaftar di Dinas Pendidikan Sumsel pada hari kerja, Senin-Jumat pada pukul 09.00 sampai 12.00 WIB.

“Khusus UNY pendaftaran dimulai dilakukan secara manual dan dilanjutkan dengan pendaftaran online dari tanggal 19 Juni sampai 14 Juli 2018. Pelaksanaan tes seleksi semua perguruan tinggi tersebut pada tangga 22 Juli,” pungkasnya. (SGR)