Tak Bisa Daftar CPNS, Alumni UIN Raden Fatah Palembang Harus Miliki PIN

oleh -75 views

Palembang, klikampera.com – Beberapa alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dikabarkan tak bisa mendaftarkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang bakal dibuka bulan Agustus ini.

Pasalnya, status mereka belum memiliki Forlap Dikti atau lebih dikenal dengan Penomoran Ijazah Nasional (PIN). Hal ini tentu membuat sejumlah alumni kaget.

Kepala Biro Akademik, Administrasi, Kemahasiswaan dan Kerjsama (AAKK) UIN Raden Fatah Palembang, Mirwan Pasta mengatakan, aturan terkait PIN dari Dikti tersebut merupakan aturan baru yang keluar pada 2017 akhir.

Sehingga bagi perguruan tinggi di bawah kementerian agama terbilag baru dengan aturan tersebut dan memungkinkan sejumlah alumni dari 2016 ke bawah belum ada PIN.

“Kalau ada alumni yang butuh cepat PIN tersebut, silahkan datang ke kampus agar proses pendaftaran di Forlap Dikti kita bantu,” ujar Mirwan, Selasa (31/7/2018)

Mirwan menjelaskan,  pihaknya mulai 1 Agustus akan membuka tiga posko pelaporan bagi alumni yang belum terdaftar pada Forlap Dikti dan belum ada PIN yang disebar tiga lokasi yakni di gedung BAAK, PUSTIPD dan bisa langsung ke Humas.

“Silahkan datang dan membawa foto kopi ijazah. Proses pendaftarannya tidak lama hanya beberapa menit saja,” terangnya.

Ditegaskannya, meskipun belum terdaftar pada Forlap Dikti dan belum ada PIN tersebut ijazah yang bersangkutan tetap saha dan bukan ijazah illegal seperti info yang beredar. Namun, ijazah tersebut belum terdaftar saja di Korlap Dikti dan belum memiliki PIN. “Jadi ijazahnya tetap sah, namun belum terdaftar saja,” tegasnya.

Sebelumnya, informasi terkait alumni UIN Raden Fatah Palembang sendiri beredar setelah beberapa alumni mulai yang memiliki niat ikut tes Calon Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan dibuka pada Agustus 2018 ini. Sehingga alumni yang belum terdaftar dan belum memiliki PIN tidak bisa mengikuti prosedur pelaksanaan administrasi CPNS 2018.

Wartawan: Sugiarto
Editor: Rianza