Tanamkan Keislaman Sejak Dini, Ratusan Play Grup Ikuti Manasik Haji

Suasana manasik haji Play Grup Auladi Palembang

Palembang, klikampera.com – Guna menanamkan keislaman sejak dini bagi pelajar, terutama bagi mereka usia Play Group. Hal tersebut dilakukan oleh Sekolah Islam Terpadu (SIT) Auladi Palembang menggelar manasik haji cilik bagi siswa Play Group.

Rangkaian rukun haji diselenggarakan serupa dengan kegiatan haji di Mekkah mulai dari berpakaian ihram, wukuf di Padang Arafah, melontar jumroh di Mina, tawaf, sai, tahalulu hingga minum air zam zam.

Ketua Pelaksana Manasik Haji, Ustaz Abdu Rachim Gema MPd mengatakan, kegiatan manasik haji sudah menjadi agenda tahunan sekolah berbasis Islam ini. Tahun ini, instruktur manasik haji sendiri menggandeng KBIH Zafatur.

Dia pun mengaku, rangkaian rukun haji sengaja dibuat sedemikian rupa, seperti melempar jumroh yang terbuat dari gumpalan kertas koran sebagai batu, kemudian ada juga miniatur kakbah dan air zam-zam. Hal ini dilakukan agar siswa bisa memahami kegiatan berhaji merupakan ibadah fisik dan merupakan bagian dari Rukun Islam.

“Jumlah peserta yang ikut dalam manasik haji ini sebanyak 412 orang, mereka dari kelas Playgroup, TK dan SD khususnya kelas V dan VI. Para peserta ini berasal dari siswa Auladi SU II, SIT Auladi Cabang Sako dan SIT Auladi Cabang Pakjo,”ujarnya disela-sela acara yang digelar di halaman RM Wong Palembang, Rabu (8/8/2018).

Dia berharap, kegiatan ibadah ini sebagai langkah untuk menanamkan dan menguatkan nilai Islam sejak dini. Dengan bermanasik, siswa juga diharapkan tidak terkejut dengan kegiatan yang mengandalkan fisik kuat.

“Setelah dari sini, guru juga akan mengulas kembali nilai-nilai dan manfaat dalam melaksanakan ibadah haji. Dengan begitu, pesan yang ingin kita sampaikan bisa diterima siswa,” tukasnya.

 

Wartawan: Sugiarto
Editor: Rianza

Pos terkait