Tari Mandau Tandai Kedatangan Peserta SMN di Palembang

oleh -27 views
Penampilan Tari Mandau oleh peserta SMN asal Kalimantan Tengah di Kantor PT Pelindo II Palembang, Kamis (15/8)

Palembang, klikampera.com – Tari Mandau khas Suku Dayak menandai kedatangan peserta Siswa Mengenal Nusantara BUMN Hadir Untuk Negeri asal Provinsi Kalimantan Tengah di Kota Palembang.

Sebelumnya peserta 23 peserta SMN asal Kalimantan Tengah tiba di Bandara SMB II dan langsung menuju Pelabuhan Boom Baru, Kamis, kedatangan mereka di sambut General Manager PT Pelindo II PC Palembang, Agus Edi Santoso.

“Siswa-siswa ini membawa misi budaya, yakni mengenal budaya Palembang dan mengenalkan budaya Kalimantan Tengah ke Palembang, dengan saling mengenal budaya maka terjalinlah keakraban nusantara,” ujar Agus Edi Santoso saat penyambutan.

Menurutnya selain budaya, para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) juga akan mendapat pelatihan-pelatihan di bidang militer, jurnalistik, dan ekonomi kreatif agar skil kompetensi dan jiwa kepemimpinan dapat terlatih.

Sebab, kata dia, BUMN seyogyanya memiliki fungsi ‘Agen Perubahan’, yakni upaya melahirkan calon-calon pemimpin di masa depan yang kompetitif, salah satunya melalui program SMN.

“BUMN tidak hanya mencari laba saja, fungsi BUMN harus menjangkau aspek-aspek lain, termasuk pendidikan melalui program SMN ini,” jelasnya.

Peseta SMN asal Kalimantan Tengah akan berada di Kota Palembang mulai 15 – 21 Agustus 2019 dengan pendampingan dari PT Pelindo II, Perumnas dan PTPN VII.

“Setelah kegiatan selesai, para peserta akan membuat karya tulis mengenai pengalaman-pengalaman selama berada di Kota Palembang, artinya harus ada pelajaran yang mereka ambil selama kunjungan,” demikian Edi Agus.

(Ant/riil)