Terpilih Kementrian PU-PR, 13 SMK Indonesia Gelar Teleconference

Oleh Klikampera pada Selasa, 13 Maret 2018 21:58 WIB

Palembang, klikampera.com – Setelah terpilih dari ribuan SMK di Indonesia lewat program sertifikasi keahlian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR), sebanyak 13 SMK menggelar teleconference pembukaan pelatihan sertifikasi pelajar.

Termasuk SMK Negeri II Palembang sebagai satu-satunya SMK di Sumsel yang terpilih bahkan beberapa provinsi tak terpilih dari ferivikasi Kementerian PU-PR melalui lembaga sertifikasi LPJK.

“Persiapan ini sudah lama, dari kita MoU bersama Kementerian PU-PR hingga kelengkapan sarana dan prasrana hingga pendataan dan terpilih 13 SMK se Indonesia dan kita SMKN II Palembang terpilih secara nasional,”ujar Kepala SMK Negeri II Palembang Drs Zulkarnain MT usai menggelar teleconference pembukaan sertifikasi pelatihan dari Kementeian PU-PR di sekolahnya, Selasa (13/3/2018).

Teleconfernce juga dihadiri para Kepala SMK di Sumsel, Dinas Pendidikan dan para unsur terkait. Dan tersambung di teleconference pusat di Jakarta dan 12 SMK terpilih lain yakni di Jakarta, Jogjakarta, Jawa Barat dan lainnya

Lanjut Zulkarnain bahwa dengab adanya sertifikasi nasional dari Kementerian PU-PR yang dijalani siswa maka saat mereka lulus bukan hanya ijazah sekolah saja tapi juga sertifikasi nasional. Hal ini tentu memudahkan siswa dalam persaingan dunia kerja dan dunia industri mereka setelah lulus.

“Karena kadang lulusan SMK ditanya bukan dari sekolah mana tapi apa sertifikasi anda, nah inilah beruntung kita terpilih secara nasional di paket keahlian Teknik Gambar Bangunan,”jelasnya.

Senada dengan itu disampaikan Yose Aprizal, Kasi Kurikullum Dinas Pendidikan Sumsel bahwa SMK Negeri II Palembang memang menjadi pilot projek di Sumsel untuk paket keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB).

Dan dari 105 pelajar yang mengikuti sertifikasi Kementerian PU-PR melalui LPJK mereka nanti akan tersertifikasi setelah melalui serangkaian mata uji dari tes teori, praktek dan juga wawancara.

“Dan dari semua SMK di Sumsel yang ada yang memiliki paket keahlian TGB ada tiga, kedepan kita harapkan ini menjadi acuan,”terang Yose.

Begitu juga untuk sertifikasi paket keahlian jurusan lain misalnya Teknik Sepeda Motor dan lainnya. Maka ada yang namanya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). “Dan dibeberapa SMK dibSumsel telah melakukan,”jelasnya. (SGR)

Pos terkait