Tiga SMA Unggulan Palembang Incar Siswa Baru Lewat PMPA

oleh -352 views

Palembang, klikampera.com – Meskipun sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini berlaku sistem zonasi, namun tiga SMA negeri di Palembang tetap melaksanakan lewat jalur tes. Hal ini dikarenakan memakai kurikulum Cambridge sehingga peroses PPDB benar-benar selektif.

Sebagaimana diketahui, tiga sekolah negeri tersebut yakni SMAN 1 Palembang, SMA Plus negeri 17 Palembang dan SMA negeri Sumsel. Untuk tahap awal ini, proses PPDB diawali dengan Penelusuran Minat dan Prestasi Akademik (PMPA) yang dimulai hari ini, Kamis (11/1/2018)

Kepala SMA plus Negeri 17 Palembang, Parmin S.Pd., M.M., mengatakan, terhitung mulai hari ini hingga Sabtu nanti (11-13 Januari), calon siswa bisa melakukan pendaftaran online sekaligus verifukasi dan finalisasi. “Pendaftaran bisa dilakukan sejak pukul 08.00 -14.00 WIB. Tentu saja calon siswa harus mendftar online di website resmi kita, yakni www.sman17plg.sch.id,” ujarnya, Rabu (10/1/2018).

Ia menjelaskan, nanti di web tersebut calon siswa bisa menentukan peminatan mereka langsung, mau MIPA atau IPS. “Karena ini jalur PMPA, jadi prestasi mereka lebih prioritas baik di akademik maupun non akademik,” terangnya.

Syarat selanjutnya, calon siswa harus memiliki nilai rata-rata rapor SMP/MTs mulai dari mata pelajafan Matematika, Bahasa Indonesia, IPAI/PS. “Verifikasi dilakukan mulai dari kelas VII sampai IX. Adapun nilai rata-rata minimal 82.0,” ungkapnya.

Selain syarat tersebut, siswa juga harus melampirkan piagam prestasi akademik dan pas foto mereka. Tentu saja tahap seleksi berkas ini sebagai penentu apakah mereka lolos di jalur PMPA atau tidak.

“Namun yang paling utama adalah calon siswa wajib hafal Alquran minimal 30 juz. Mereka juga Wajib tinggal di asrama saat di kelas X dan berkomitmen untuk mengikuti kurikulum Cambridge,” terangnya.

Usai mendaftarkan berkas, langkah selanjutnya yang harus dilakukan yakni pengecekan ruang tes pada Sabtu, 13 Januari. Lalu seleksi tahap 2 yakni TPA pada Senin, 15 Januari yang akan datang.