Timnas Prancis Juara Piala Dunia 2018, Kandaskan Kroasia 4-2

oleh -58 views
Selebrasi Paul Pogba saat membobol gawang Kroasia

Moskwa, Rusia, klikampera.com – Prancis sukses menjuarai Piala Dunia 2018 setelah pada partai final mengkandaskan Kroasia dengan skor 4-2 lewat pertarungan sengit di Luzhniki Stadium, Moskwa, Minggu (15/7).

Gol dari Prancis diciptakan lewat gol bunuh diri dari Mandzukic, Griezmann, Paul Pogba dan Kylian Mbappe. Sedangkan gol dari Kroasia dicetak oleh Perisic dan Mario Mandzukic.

Diawal babak pertama kedua tim masih mencoba untuk mencari celah dari kelemahan lawan. Kroasia yang tampil lebih menekan, tampak kesulitan untuk membongkar pertahanan dari Prancis.

Hingga menit ke-18, kejutan terjadi saat Prancis mendapatkan peluang dari tendangan bebas. Griezmann yang mengeksekusi tendangan bebas tersebut mengirimkan umpan indah ke rekannya.

Namun, umpan dari Griezmann justru salah diantisipasi oleh pemain Kroasia, Mario Mandzukic yang malah menyundul bola ke gawangnya sendiri. Alhasil, Prancis pun sementara unggul 1-0.

Tak butuh waktu lama bagi Kroasia untuk menyamakan kedudukan atas Prancis pada menit ke-28. Gol dari Kroasia dicetak oleh Ivan Perisic.

Proses terjadinya gol berawal dari umpan matang Vida ke Perisic yang berdiri bebas diluar kotak penalti. Hal ini tidak disia-siakan oleh Perisic untuk merobek gawang dari Prancis. Skor pun imbang 1-1.

Petaka datang bagi Kroasia saat pemain mereka, Perisic ketahuan melakukan Hands Ball di dalam kotak penalti. Wasit pun sempat menunda permainan untuk melihat tayangan ulang pada VAR. Dan, diputuskanlah oleh wasit dengan menunjuk titik putih.

Griezmann yang menjadi algojo tendangan penalti, sukses memanfaatkan peluang emas yang didapat Prancis menit ke-38. Skor 2-1. Hingga wasit meniupkan peluit babak pertama, skor 2-1 pun bertahan untuk keunggulan sementara Prancis atas Kroasia.

Kroasia menaikkan tempo serangan pada awal babak kedua. Dimenit ke-47, Rebic mendapatkan peluang emas setelah menerima sodoran umpan manis dari rekannya. Sayang, tembakan kerasnya masih bisa ditepis kiper Hugo Lloris.

Unggul satu gol tak membuat Prancis mengendurkan serangan. Kylian Mbappe mendapat peluang bagi Prancis menit ke-51. Sayang sepakannya masih mengenai kiper dari Danijel Subasic.

Pertandingan sempat dihentikan pada menit ke-52, setelah beberapa suporter merangsek masuk ke tengah lapangan saat laga sedang berlangsung. Tak lama kemudian, pertandingan pun dilanjutkan kembali.

Dimenit ke-59, Paul Pogba bawa Prancis menjauh dari Kroasia dengan skor 3-1. Berawal dari pergerakan Mbappe dari sisi kiri pertahanan Kroasia, bola kemudian diumpan kepada Griezmann. Sempat mencari celah, Griezmann akhirnya memberikan umpan kepada Paul Pogba yang berdiri kosong di luar kotak penalti.

Kesempatan tersebut tak disia-siakan Paul Pogba yang langsung menembakkan bola ke gawang dari Kroasia. Skor 3-1. Hanya berselang enam menit, Prancis kembali mencetak gol. Kali ini gol dicetak oleh Kylian Mbappe.

Tendangan manis dari Mbappe dari luar kotak penalti, mengecoh kiper Subasic yang terhalang oleh rekannya. Alhasil, Prancis unggul 4-1. Kesalahan fatal dilakukan oleh kiper Prancis, Hugo Lloris yang berniat untuk mengumpan bola kepada rekan setimnya menit ke-69. Namun, bola malah mengenai kaki dari Mandzukic yang berada di dekatnya. Bola pun dengan deras mengalir ke gawang dari Prancis. Kroasia mengejar Prancis dengan skor 2-4.

Pertandingan semakin memanas, dimana kedua tim saling jual beli serangan. Namun, hingga akhir laga, Prancis sukses menjaga keunggulan mereka 4-2 atas Kroasia. Kemenangan ini pun membuat Timnas Prancis dinobatkan sebagai Juara Piala Dunia 2018.

Susunan pemain Prancis dan Kroasia:

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Lucas Hernandez, Samuel Umtiti, Raphael Varane, Benjamin Pavard; N’Golo Kante, Paul Pogba; Blaise Mautuidi, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud
Pelatih: Didier Deschamps

Kroasia (4-2-3-1): Danijel Subasic; Ivan Strinic, Domagoj Vida, Dejan Lovren, Sime Vrsaljko; Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic; Ivan Perisic, Luka Modric, Ante Rebic; Mario Mandzukic
Pelatih: Zlatko Dalic

Wasit: Nestor Pitana (Argentina)

Editor: Rianza