Tingkatkan Mutu Pendidikan, SMK Aisyah Insan Utama Prabumulih Lakukan Kunjungan Ke SMK Muhammadiyah 3 Metro

Oleh Klikampera pada Kamis, 1 Oktober 2020 10:12 WIB

Prabumulih, klikampera.com – SMK Aisyiyah Insan Utama Prabumulih bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah Prabumulih, Pimpinan Daerah Aisyah Prabumulih, dan Majelis Disdakmen Muhammadiyah Prabumulih melakukan kunjungan ke SMK Muhammadiyah 3 Metro, Lampung, Rabu (9/9/2020).

Kunjungan ini diterima langsung Kepala SMK Muhammadiyah 3 Metro Bapak Khoeroni S.Sos.I, M.Pd beserta Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Metro Selatan dan Ketua Majelis Dikdasmen PCM selaku penanggung jawab operasional SMK tersebut.

Kepala SMK Aisyiyah Insan Utama Prabumulih Alpairu, S. Pd Mengatakan, kunjungan ini dalam rangka Peningkatan Mutu dan Kualitas Pendidikan

“Kami ingin belajar ke SMK Muhammadiyah 3 Metro, dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan serta Manajemen dan Pengelolahan Sekolah Berkemajuan” Kata Alpairu

Sementara Pimpinan Daerah Muhammadiyah Prabumulih Khoirul Efendi Pane juga mengucapkan terimakasih atas sambutan dari SMK Muhammadiyah 3 Metro

“Kami dari Prabumulih mengucapkan terima kasih atas sambutannya, sudah dari semalam kami disambut dan difasilitasi dengan baik, kami kesini untuk belajar dan juga tentunya silaturahmi agar diberi motivasi untuk memajukan sekolah kami, SMK ‘Aisyiyah Insan Utama Prabumulih” jelas Pak Khoirul.

Sementara Pimpinan Cabang Muhammadiyah Metro menyambut baik kunjungan rombongan dari Prabumulih tersebut.

“Kami menerima dengan baik silaturahim ini sekaligus kunjungan belajar Tim SMK ‘Aisyiyah Insan Utama Prabumulih, mudah-mudahan dapat mengambil pelajaran yang positif untuk memajukan SMK yang baru saja dirintis dan beroperasional pada tahun ajaran ini, nanti Bapak Khoironi akan menyampaikan ilmunya baik secara teoritis maupun praksis, agar nanti Bapak/Ibu dari Prabumulih bisa membawa ghiroh, semangat ketika kembali untuk memajukan sekolahnya” ujar Pimpinan Cabang Muhammadiyah setempat dalam sambutannya.

Pelaksanaan yang dimoderatori serta langsung penyampaian materi oleh Bapak Khoeroni dengan diskusi tanya jawab, menurutnya yang menjadi dasar spirit SMK Muh. 3 Metro yang dahulu pada tahun 2011 memiliki siswa 42 Orang dari 500an siswa pada tahun-tahun sebelumnya, saat ini telah memiliki lebih dari 1.200an siswa. “Berubahnya gabah menjadi beras bukanlah karena tumbukan yang kuat, tetapi karena saling adanya gesekan antara gabah itu, artinya semua guru serta karyawan harus saling memberi semangat dan motivasi untuk bersama-sama memajukan sekolah yang ada” jelas bapak yang akrabnya disapa Pak Roni.

Tanya jawab pasca materi yang disampaikan Pak Roni, rombongan dari SMK ‘Aisyiyah Insan Utama Prabumulih, sekolah yang baru berdiri, dipimpin oleh Bapak Al Pairu, S.Pd itu aktif berkonsultasi dan sharing, dalam tanya jawab tersebut, mereka bertanya banyak hal, seputar materi, pengalaman, serta hal-hal diluar materi untuk kemajuan sekolah mereka.

Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa guru SMK ‘Aisyiyah Insan Utama Prabumulih ini, melalui kunjungan belajar harapan dan motivasi serta ide gagasan baru dapar muncul untuk diterapkan di sekolah mereka “Harapannya, melalui kunjungan belajar SMK ‘Aisyiyah Insan Utama Prabumulih ke SMK Muh. 3 Metro ini, dapat menambah spirit perjuangan untuk dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan SMK yg baru saja dirintis, sehingga kedepan tidak hanya dapat bertambah kuantitas jumlah siswa yg ada, juga prestasi sekolah yg dapat bersaing dikancah nasional hingga internasional, serta melahirkan lulusan SMK yg tidak hanya siap kerja dengan kualifikasi dan kompetensi yg tinggi, akan tetapi juga siap dan dapat menciptakan lapangan kerja baru sebagai entrepreneur . selain itu kami juga dapat belajar banyak hal terkait manajemen dan pengelolaan sekolah yang berkemajuan, sekolah yang tidak hanya berorientasi kuantitas siswa dan kualitas pendidikan semata, akan tetapi bagaimana keberadaan SMK ini dapat menjadi sarana untuk melahirkan generasi muda entrepreneur muslim Indonesia sebagai kontribusi Muhammadiyah/’Aisyiyah untuk kemajuan Bangsa”, Ujar kepala Sekolah SMK Insan Utama Prabumulih

Pasca kegiatan Sharing knowledge dan pengalaman yang dilakukan dengan semi formal itu, Pak Roni juga mengajak rombongan dari Prabumulih untuk mengunjungi beberapa sekolah Muhammadiyah lainnya yang juga tidak kalah maju dan memiliki spirit juang yang tinggi dalam dunia pendidikan, seperti SMP Muh. Ahmad Dahlan Metro, SMP Muhammadiyah 4 Metro serta SMA Muh. Ahmad Dahlan Metro.

(Ant/riil)

Pos terkait