Tingkatkan Pengembangan SDM Indonesia, ICMI Luncurkan Beasiswa Cerdas

oleh -94 views

Jakarta, klikampera.com – Dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang menjadi kewajiban kemanusiaan paling fitri, sejak tahun 1987 Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) telah berkomitmen menjalankan program pengembangan sumberdaya manusia untuk kemajuan bangsa Indonesia. Program demi program terus digulirkan, dan di tahun 2018 ini, ICMI dan Baznas meluncurkan Program Beasiswa ICMI Cerdas.

Bertempat di Gedung Museum Naskah Proklamasi, Jumat, 9 Februari 2018, ICMI melaksanakan Launching Program Beasiswa ICMI CERDAS. Program hasil kerjasama antara ICMI dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ini nantinya berfokus kepada pelatihan bahasa asing (Inggris, Jerman, Prancis, Jepang, dan Belanda) dan juga persiapan studi ke luar negeri, seperti persiapan sertifikasi bahasa asing (IELTS/TOEFL), workshop tentang sistem pendidikan luar negeri, bimbingan & pengurusan Letter of Acceptance (LoA) untuk tingkat Sarjana, Master, hingga Doktor.

Dalam acara yang dihadiri oleh para Majelis Pengurus Pusat ICMI, Dr. Jimly Asshiddiqie, SH. selaku Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), menyatakan program ini memiliki tujuan yang tentunya selaras dengan salah satu tujuan utama ICMI, yaitu meningkatkan mutu kecendekiawanan masyarakat madani dan peran serta cendekiawan muslim se-Indonesia. Memahami bahasa asing menjadi salah satu kunci untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul, termasuk para santri yang harus menjadi agent of change bagi dunia Islam di dunia internasional nantinya.

ICMI pun turut menggaet Euro Management Indonesia dan diberikan kepercayaan menjadi pelaksana kegiatan ini. Bimo Sasongko, selaku Founder & Executive Director Euro Management Indonesia, mengatakan program Beasiswa ini bertujuan juga dapat menjadi jawaban dari berbagai tantangan di masa depan, Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dituntut untuk dapat mengembangkan potensi dan meningkatkan daya saing semaksimal mungkin.

Prof. Dr. Armai Arif yang saat ini juga aktif sebagai Ketua Bidang Pendidikan ICMI, menghimbau dan mendukung para Awardee untuk dapat melanjutkan studi ke luar negeri melalui program Beasiswa baik yang ditawarkan oleh pemerintah seperti LDPD, MORA, BUDI, maupun Beasiswa asing seperti Chevening, Australia Awards Schoalrship, Stuned, DAAD, Fullbright, dll. Dengan pembekalan yang matang seperti pelatihan bahasa asing dan konsultasi rencana studi, harapannya program ini dapat bekerja secara efektif. Selain itu, dengan belajar di luar negeri dan memahami pola pikir negara maju, para Awardee harus bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih maju (AN)